• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA RAMBIPUJI JEMBER KELAS X 5 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ferirur Rahman - 090210302025_1.pdf (136.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ferirur Rahman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah yaitu metode inquiri. Metode inquiri merupakan metode pembelajaran yang menerapkan lima langkah dasar yaitu merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis berdasarkan data yang diperoleh, merumuskan kesimpulan. Melalui metode inquiri, siswa mengalami proses menemukan sendiri dalam proses pembelajaran dengan harapan apa yang di alami siswa dapat membekas di ingatan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini: Tujuan penelitian ini: vii semester genap tahun pelajaran 2012/2013; Penelitian ini dilaksanakan di SMA Rambipuji Jember, dengan subyek penelitian siswa kelas X 5 semester genap 2012/2013. Diambil data mulai 11 Februari sampai dengan 22 April 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian persentase klasikal aktivitas siswa pada saat proses inquiri pada siklus I mencapai 75%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,5%, sedangkan aktivitas siswa pada saat presentasi pada siklus I mencapai 70,6% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Ketuntasan hasil belajar yang dicapai pada siklus I adalah 77,7% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,3% dan karakter siswa pada siklus I 76,8% maningkat pada siklus II 80,2%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran sejarah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember dengan implementasi metode inquiri. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4557
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository