• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PARKIR BERLANGGANAN (STUDI MENGENAI KUALITAS JASA JURU PARKIR DI ZONA E KABUPATEN JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Yunitaeka Sulistiyuwati_001.pdf (117.2Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Yunitaeka Sulistiyuwati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan umum atau pelayanan publik merupakan salah satu tugas yang harus dijalankan oleh aparatur pemerintahan. Dalam rangka penertiban dan memperlancar lalu lintas di jalan umum agar pelaksanaan parkir lebih berdaya guna dan berhasil dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan, maka perlu pengaturan parkir kendaraan. Wilayah kampus merupakan wilayah yang tergolong baru dalam sistem parkir Dinas Perhubungan dan masuk dalam zona pengawasan E. Lokasi pelayanan ini sangat penting karena berkaitan dengan kelancaran lalulintas di Zona E yaitu meliputi Jalan Jawa, Jalan Kalimantan, dan Jalan Sumatra. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang digunakan adalah bagaimana kualitas pelayanan juru parkir kepada pengguna parkir berlangganan di zona E dan bagaimana perbandingan antara harapan masyarakat dan persepsi masyarakat pengguna parkir berlangganan (model analisis Gap) terhadap kualitas pelayanan parkir yang diberikan oleh juru parkir di Zona E. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan juru parkir kepada pengguna parkir berlangganan di Zona E. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 60 responden pengguna parkir berlangganan di Zona E dengan menggunakan tekhnik insidental sampling. Penelitian ini dilakukan di Zona E dan UPT parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Jember dari 6 Mei sampai 6 Juli. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan oleh penulis yakni menggunakan analisis ServQual (Service Quality) dari Parasuranman dkk, yaitu dengan menghitung skor harapan dengan persepsi pengguna parkir. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam model analisis ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut dilihat berdasarksan lima dimensi yaitu bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode ServQual diketahui bahwa kualitas pelayanan juru parkir kepada pengguna parkir berlangganan di Zona E memiliki skor negatif untuk semua dimensi yaitu Bukti Langsung (tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty). Hasil tersebut termasuk gap negatif yang berarti harapan pengguna lebih besar dibanding realita atau persepsi yang dirasakan oleh pengguna sehingga kualitas pelayanan parkir berlangganan di zona E pada semua dimensi tersebut dikatakan tidak baik atau tidak memuaskan. Hasil penelitian ini hanya berlaku bagi 60 orang yang menjadi responden dalam penelitian ini dikarenakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti adalah nonprobability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi tiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel (Sugiyono, 2009;84).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4556
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5687]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository