• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI STRATEGI DRTA (direct reading thingking activity ) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Anggun P. Anatria.pdf (341.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ANGGUN PRIMA ANATRIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memiliki variabel yang terdiri dari kemampuan membaca pemahaman bacaan cerita anak dan variabel proses yakni strategi DRTA. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I dan II terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, jurnal, observasi dan wawancara. Untuk teknik analisis data berupa teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kemampuan membaca bacaan cerita anak dengan strategi DRTA, sedangkan teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis aktivitas siswa dan guru dalam meneapkan strategi DRTA. Proses penerapan strategi DRTA yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita anak siswa adalah dengan cara: (1) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, (2) menyajikan materi, (3) memprediksi isi cerita melalui judul, (4) memprediksi isi cerita melalui gambar, (5) meminta siswa menulis hasil prediksi dari judul dan gambar menjadi karangan, (6) meminta siswa untuk mencocokan hasil prediksi dengan isi bacaan, (7) siswa diminta membaca isi bacaan, dan (8) siswa mengerjakan tes tulis untuk hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman, dari kondisi awal ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tes diketahui terjadi peningkatan, yaitu skor rata-rata kelas 60,16 menjadi 79,86, skor rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 19,70 dengan ketuntasan 100%. Sementara pada siklus II skor rata-rata kelas menjadi 88,56, skor rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 9,90 dari siklus I dengan ketuntasan 100% .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4539
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository