Show simple item record

dc.contributor.authorRokhmatul Azizah
dc.date.accessioned2013-12-05T03:18:59Z
dc.date.available2013-12-05T03:18:59Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM050910201202
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4537
dc.description.abstractDalam rangka pelestarian dan pengembangan kawasan pariwisata Bung Karno yang tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan, ketentraman dan ketertiban dalam pemanfaatan kawasan Pariwisata Bung Karno, Pemerintah Kota Blitar telah menetapkan salah satu Kebjakan yaitu Peraturan Daerah No.4 Tahun 2004 Kota Blitar. Kegiatan pokok dari kebijakan ini adalah pemungutan retribusi untuk biaya pelayanan bagi setiap orang dan kendaraan yang masuk dan menggunakan jasa pelayanan di Kawasan Wisata Bung Karno. Peneliti menjumpai masih banyak pengunjung yang terutama yang menengendarai sepeda motor bebas keluar masuk kawasan wisata tanpa dikenai retribusi. Hal itu karena tempat wisata berbentuk kawasan, jadi sulit untuk membedakan antara wisatawan dengan penduduk lokal. Jadi hanya rombongan wisatawan yang mengendarai bus yang pasti dikenai retribusi. Menanggapi hal demikian pelaksana mempermudah prosedur dengan sedikit menyalahi ukuran- ukuran dasar dari kebijakan. Hal inilah yang melatarbelakangi diadakannya penelitian ini yaitu keingintahuan tentang bagaimana kondisi di lokasi Kawasan Wisata Bung Karno berdasarkan Perda No.4 Tahun 2004 Kota Blitar dan hambatan-hambatan yang terjadi terhadap penerimaan masyarakat di lokasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kinerja Kebijakan Retribusi Memasuki Kawasan wisata Bung Karno pada Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata berdasarkan Perda No.4 Tahun 2004 Kota Blitar dan hambatan apa saja yang terjadi di lokasi Kawasan Pariwisata Bung Karno terhadap penerimaan masyarakat sekitar? Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian itu sendiri adalah orang-orang yang tahu dan terlibat dalam implementasi program. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model inter-aktif yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan di Dinas Komunikasi, Informatika dan Pariwisata Daerah Kota Blitar, Kantor UPTD Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan Kota Blitar dan Kawasan Pariwisata Bung Karno. Sedangkan untuk menganalisa data yang dipaparkan oleh Miles dan Hubermann. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Perda No.4 Tahun 2004 Kota Blitar relatif efektif, meskipun pelaksana sedikit menyalahi prosedur yang ada dalam petunjuk teknis dalam mencapai tujuan tersebut, karena dalam perjalananya hambatan dalam berjalanya program ini. Hambatan itu adalah karena kurangnya pelaksana baik dari segi kuantitas maupun kualitas dan kurangnya insentif bagi pelaksana sehingga pelaksana kurang disiplin dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Selain kawasan wisata ini ada di tengah-tengah masyarakat, jadi pelaksana selain memungut retribusi juga harus melakukan penataan terhadap masyarakat secara terus-menerus agar tercapai kenyamanan dan ketertiban di kawasan wisata Bung Karno.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050910201202;
dc.subjectKinerja Kebijakanen_US
dc.titleKinerja Kebijakan Perda No.4 Tahun 2004 Kota Blitar (Suatu Studi tentang Kinerja Kebijakan Retribusi Memasuki Kawasan Pariwisata Bung Karno di Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record