• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN SEMPUSARI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Andika A. Siswoyo.pdf (885.2Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ANDIKA ADINANDA SISWOYO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilaksanakan bulan April 2011. Presentase aktivitas siswa pada siklus I terdiri dari aktivitas mendengarkan penjelasan guru 68,75%, kerja sama saat diskusi kelompok 61,25%, menjawab pertanyaan saat game 70% dan kemampuan memainkan turnamen akademik 73,75%. Sehingga aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 68,5%, dengan kriteria keaktifan siswa aktif. Sedangkan Presentase aktivitas siswa pada siklus II, terdiri dari aktivitas mendengarkan penjelasan guru 87,5%, kerja sama saat diskusi kelompok 85%, menjawab pertanyaan saat game 80,1% dan kemampuan memainkan turnamen akademik 88,8%,sehingga aktivitas siswa secara klasikal pada siklus II mencapai 85,6% dengan kriteria keaktifan siswa secara klasikal sangat aktif. Analisis hasil Tes Akhir pada pra siklus, ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 37,5 % dan dinyatakan tidak tuntas. Siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 52,5 % yang dapat dikatakan ada peningkatan walaupun pada dasarnya tidak tuntas. Tes Akhir siklus II ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 97,5 % ,sehingga terlihat adanya peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, menumbuhkan rasa solidaritas untuk saling membantu dan bekerja sama dalam belajar, serta siswa juga dapat menerima adanya perbedaan keragaman yang ada di sekitar lingkungan belajarnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4528
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository