Show simple item record

dc.contributor.authorIka Afrilia Santi
dc.date.accessioned2013-12-05T03:11:19Z
dc.date.available2013-12-05T03:11:19Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM040210103107
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4522
dc.description.abstractKualitas pendidikan sebagai salah satu pilar pengembangan manusia, sangat penting maknanya bagi pembangunan nasional. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Untuk menjamin penyelenggaraan pendidikan yang bermutu secara nasional perlu dilakukan evaluasi, khususnya evaluasi hasil belajar peserta didik pada akhir masa pendidikannya pada satuan pendidikan. Ujian Nasional sebagai model evaluasi baru dijadikan standar untuk melihat kualitas pendidikan di Indonesia. Sekolah Penyelenggara, Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan Lembaga-lembaga Bimbingan Belajar menyelenggarakan try out sebelum melaksanakan Ujian Nasional. Try out ini dimaksudkan sebagai program tambahan pelajaran bagi peserta didik kelas IX dan dilaksanakan setiap kurun waktu tertentu untuk mengetahui perkembangan atau kesiapan siswa dalam menghadapi UNAS. Kelemahan yang sering dijumpai pada penyelenggaraan try out adalah soal try out yang digunakan tidak divalidasi secara empirik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas butir dan reliabilitas soal pada try out UNAS (Ujian Nasional) biologi SMP Negeri Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Butir soal try out UNAS biologi SMP Negeri Kabupaten jember tahun ix ajaran 2009/2010 ditinjau dari validitas isi sudah sesuai dengan teori evaluasi pendidikan. Namun ditinjau dari validitas kriteria masih belum sesuai dengan teori evaluasi pendidikan, yaitu koefisien korelasi terletak pada interval 0,40 < rxy ≤ 1,00 dengan kategori cukup, baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh interval besarnya harga validitas adalah 0,01 ≤ rxy ≤ 0,44. dimana nilai rata-rata besarnya tingkat validitas dari masing-masing butir soal sebesar 0,25. Sehingga termasuk soal dengan kategori rendah. Butir soal try out UNAS biologi SMP Negeri Kabupaten jember tahun ajaran 2009/2010 ditinjau dari reliabilitas soal masih kurang sesuai dengan teori evaluasi pendidikan yaitu dengan koefisien reliabilitasnya berada pada interval 0,4< r ≤1,0. Dari hasil analisis dengan metode split half menggunakan rumus alpha cronbach diperoleh besarnya koefisien reliabilitas belahan I menunjukkan korelasi -0,3068 dan besarnya koefisien reliabilitas belahan ke II menunjukkan korelasi 0,2347. Maka ke-20 instrument soal dinyatakan tidak reliabel.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210103107;
dc.subjectUNAS Biologi SMP Negeri di Kabupaten Jemberen_US
dc.titleANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL TRY OUT UNAS BIOLOGI SMP NEGERI DI KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record