dc.description.abstract | Kualitas pendidikan sebagai salah satu pilar pengembangan manusia, sangat
penting maknanya bagi pembangunan nasional. Oleh karena itu peningkatan
kualitas pendidikan harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.
Untuk menjamin penyelenggaraan pendidikan yang bermutu secara nasional perlu
dilakukan evaluasi, khususnya evaluasi hasil belajar peserta didik pada akhir masa
pendidikannya pada satuan pendidikan. Ujian Nasional sebagai model evaluasi
baru dijadikan standar untuk melihat kualitas pendidikan di Indonesia. Sekolah
Penyelenggara, Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan Lembaga-lembaga
Bimbingan Belajar menyelenggarakan
try out sebelum melaksanakan Ujian
Nasional.
Try out ini dimaksudkan sebagai program tambahan pelajaran bagi
peserta didik kelas IX dan dilaksanakan setiap kurun waktu tertentu untuk
mengetahui perkembangan atau kesiapan siswa dalam menghadapi UNAS.
Kelemahan yang sering dijumpai pada penyelenggaraan try out adalah soal try out
yang digunakan tidak divalidasi secara empirik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas butir dan reliabilitas
soal pada try out UNAS (Ujian Nasional) biologi SMP Negeri Kabupaten Jember
tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa Butir soal
try out UNAS biologi SMP Negeri Kabupaten jember tahun
ix
ajaran 2009/2010 ditinjau dari validitas isi sudah sesuai dengan teori evaluasi
pendidikan. Namun ditinjau dari validitas kriteria masih belum sesuai dengan
teori evaluasi pendidikan, yaitu koefisien korelasi terletak pada interval 0,40 < rxy
≤ 1,00 dengan kategori cukup, baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil analisis
diperoleh interval besarnya harga validitas adalah 0,01 ≤ rxy ≤ 0,44. dimana nilai
rata-rata besarnya tingkat validitas dari masing-masing butir soal sebesar 0,25.
Sehingga termasuk soal dengan kategori rendah. Butir soal try out UNAS biologi
SMP Negeri Kabupaten jember tahun ajaran 2009/2010 ditinjau dari reliabilitas
soal masih kurang sesuai dengan teori evaluasi pendidikan yaitu dengan koefisien
reliabilitasnya berada pada interval 0,4<
r
≤1,0. Dari hasil analisis dengan metode
split half menggunakan rumus alpha cronbach diperoleh besarnya koefisien
reliabilitas belahan I menunjukkan korelasi -0,3068 dan besarnya koefisien
reliabilitas belahan ke II menunjukkan korelasi 0,2347. Maka ke-20
instrument
soal dinyatakan tidak reliabel. | en_US |