dc.description.abstract | Pertumbuhan perbankan syariah akan dihadapkan pada persaingan guna
meningkatkan jumlah nasabahnya. Keputusan nasabah untuk menabung pada suatu
bank terutama Bank Syariah dipengaruhi oleh banyak faktor. Identifikasi faktorfaktor
yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk memilih dan tetap menjadi
nasabah sebuah bank sangat diperlukan guna menarik banyak nasabah baru. Salah
satu faktornya yaitu sistem bagi hasil. Adanya sistem bagi hasil yang tinggi maka
akan meningkatkan minat nasabah untuk menyimpan uangnya atau menabung pada
bank syariah. Hal itu karena salah satu tujuan sebagian besar masyarakat
menabungkan uangnya pada bank syariah adalah mereka berharap mendapatkan
pengembalian atau bagi hasil yang besar.
Disamping memberikan bagi hasil yang tinggi Bank Syariah Mandiri Cabang
Jember juga harus berupaya memberikan pelayanan yang baik, sebab pelayanan yang
baik dan berkualitas merupakan salah satu cara menarik minat nasabah untuk memilih
menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Pelayanan harus diperhatikan,
karena dalam memilih suatu jasa terutama jasa perbankan, nasabah selalu berupaya
untuk memaksimalkan nilai pelayanan yang dirasakan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh yang
signifikan secara bersama-sama dari sistem bagi hasil (X
vii
1
) dan pelayanan (X
)
terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang
Jember (Y), (2) mengetahui variabel yang paling dominan antara sistem bagi hasil
2
(X
1
) dan pelayanan (X
) terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di Bank
Syariah Mandiri Cabang Jember (Y).
2
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Tempat penelitian ini
dilaksanakan di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Responden penelitian ini
adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Jember dengan sampel berjumlah 50
responden yang penentuannya menggunakan metode teknik Quota Sampling. Metode
Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, analisis varian
regresi, efektifitas garis regresi, uji f, uji t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) yang
dibantu dengan menggunakan program Windows SPSS.
Analisis regresi linear berganda menghasilkan persamaan Ý = -1,536 + 0,327
X
1
+ 0,193 X
2
+ e dengan R
sebesar 186,755 dan f
tabel
2
( R Square) sebesar 0,888. Uji F diperoleh hasil f
pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,19 dengan
menggunakan kriteria pengujian yaitu F
hitung
viii
> F
maka Ho ditolak Ha diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (sistem bagi hasil dan pelayanan)
secara simultan memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk menabung
di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 88,8%.
Secara parsial, sistem bagi hasil memiliki pengaruh sebesar 34,5% dan pelayanan
memiliki pengaruh sebesar 54,2% sedangkan sisanya 11,2% dipengaruhi variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
tabel
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa
Sistem Bagi Hasil dan Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan
Keputusan untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember, dan variabel
pelayanan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap pengambilan keputusan
untuk menabung di Bank Mandiri Syariah Cabang Jember yaitu sebesar 54,2%.
Kata kunci : Sistem bagi hasil, Pelayanan dan Pengambilan Keputusan | en_US |