Show simple item record

dc.contributor.authorVita Suharyati
dc.date.accessioned2013-12-05T03:08:11Z
dc.date.available2013-12-05T03:08:11Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391035
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4514
dc.description.abstractPertumbuhan perbankan syariah akan dihadapkan pada persaingan guna meningkatkan jumlah nasabahnya. Keputusan nasabah untuk menabung pada suatu bank terutama Bank Syariah dipengaruhi oleh banyak faktor. Identifikasi faktorfaktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk memilih dan tetap menjadi nasabah sebuah bank sangat diperlukan guna menarik banyak nasabah baru. Salah satu faktornya yaitu sistem bagi hasil. Adanya sistem bagi hasil yang tinggi maka akan meningkatkan minat nasabah untuk menyimpan uangnya atau menabung pada bank syariah. Hal itu karena salah satu tujuan sebagian besar masyarakat menabungkan uangnya pada bank syariah adalah mereka berharap mendapatkan pengembalian atau bagi hasil yang besar. Disamping memberikan bagi hasil yang tinggi Bank Syariah Mandiri Cabang Jember juga harus berupaya memberikan pelayanan yang baik, sebab pelayanan yang baik dan berkualitas merupakan salah satu cara menarik minat nasabah untuk memilih menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Pelayanan harus diperhatikan, karena dalam memilih suatu jasa terutama jasa perbankan, nasabah selalu berupaya untuk memaksimalkan nilai pelayanan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari sistem bagi hasil (X vii 1 ) dan pelayanan (X ) terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember (Y), (2) mengetahui variabel yang paling dominan antara sistem bagi hasil 2 (X 1 ) dan pelayanan (X ) terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember (Y). 2 Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Responden penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Jember dengan sampel berjumlah 50 responden yang penentuannya menggunakan metode teknik Quota Sampling. Metode Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, analisis varian regresi, efektifitas garis regresi, uji f, uji t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) yang dibantu dengan menggunakan program Windows SPSS. Analisis regresi linear berganda menghasilkan persamaan Ý = -1,536 + 0,327 X 1 + 0,193 X 2 + e dengan R sebesar 186,755 dan f tabel 2 ( R Square) sebesar 0,888. Uji F diperoleh hasil f pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,19 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu F hitung viii > F maka Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (sistem bagi hasil dan pelayanan) secara simultan memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 88,8%. Secara parsial, sistem bagi hasil memiliki pengaruh sebesar 34,5% dan pelayanan memiliki pengaruh sebesar 54,2% sedangkan sisanya 11,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. tabel Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Bagi Hasil dan Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Pengambilan Keputusan untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Jember, dan variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di Bank Mandiri Syariah Cabang Jember yaitu sebesar 54,2%. Kata kunci : Sistem bagi hasil, Pelayanan dan Pengambilan Keputusanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391035;
dc.subjectSistem Bagi Hasilen_US
dc.titlePENGARUH SISTEM BAGI HASIL DAN PELAYANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record