dc.description.abstract | Dalam penelitian ini dilakukan tiga penilaian yaitu aktivitas guru, aktivitas
belajar siswa dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan penerapan metode
penemuan (discovery). Penilaian pertaman pada pembelajaran dengan menggunakan
metode (discovery) yaitu aktivitas guru, aktivitas guru pada pembelajaran ini terlihat
adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I sudah aktif sedangkan aktivitas guru
pada siklus II semakin meningkat dibandingkan pada siklus I dan dikategorikan aktif.
Penilaian yang kedua yaitu aktivitas belajar siswa, aktivitas belajar siswa yang dinilai
pada penelitian ini yaitu aktivitas bekerjasama, aktivitas melakukan penyelidikan,
melakukan percobaan. Penilaian yang ketiga yaitu skor hasil belajar siswa yang
ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus I dan siklus II. Ketuntasan
klasikal pada siklus I mencapai 77,35% dan dapat dikatakan tuntas. Pencapain skor
belajar siswa pada siklus II semakin meningkat dibandingkan siklus I peningkatan
skor belajar siswa mencapai 2,66%. Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal
pada siklus II mencapai 80,01% sebab ketuntasan klasikal yang ditargetkan peneliti
adalah 70% dari siswa yang mendapat nilai ≥ 65 (dari nilai 100). Dapat disimpulkan
bahawa penelitian dengan menggunakan metode penemuan (discovery) paokok
bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III di SDN Sempusari
1. | en_US |