ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN MEUBEL UD.KALANTAKA WIJAYA DI JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh marketing mix yang
terdiri dari distribusi, potongan harga, promosi, dan produk terhadap volume
penjualan meubel pada perusahaan Meubel UD. Kalantaka Wijaya. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah : uji linearitas, uji normalitas, analisis
regresi parsial, analisis regresi linear berganda, uji t-statistik, uji F, dan koefisien
determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel marketing mix yang
ditunjukkan oleh variabel distribusi, potongan harga, promosi dan produk
terhadap volume penjualan. Dengan demikian hipotesis pertama yang menduga
bahwa variabel distribusi, promosi, produk, dan potongan harga berpengaruh
secara signifikan terhadap penjualan produk Perusahaan Meubel UD.Kalantaka
Wijaya di Jember terbukti kebenarannya, atau H diterima. Dan sesuai hasil
analisis diketahui bahwa variabel potongan harga adalah variabel marketing mix
yang paling dominan mempengaruhi volume penjualan meubel. Dengan demikian
hipotesis kedua yang menyatakan bahwa variabel potongan harga yang
berpengaruh dominan terhadap penjualan produk Perusahaan Meubel
UD.Kalantaka Wijaya di Jember terbukti kebenarannya, atau H 1 diterima. 2