• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI MODEL INSTRUKSIONAL DDFK SISWA KELAS X-3 DI SMA NEGERI BALUNG JEMBER 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ana Indiyawati.pdf (613.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ana Indiyawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    endidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan itu sendiri. Pembangunan diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan pembangunan sektor ekonomi, yang satu dengan lainya saling berkaitan dan berlangsung dengan bebarengan Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang berminat dalam belajar biologi dan siswa kurang termotivasi dalam proses belajar, hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa yang tidak memenuhi standart ketuntasan belajar biologi dan juga dapat dilihat dari kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang tidak begitu antusias dan cenderung tidak memperhatikan pelajaran yang disajikan oleh guru di SMA Negeri Rambipuji. Berdasarkan informasi dari guru Biologi di kelas X dan dilanjutkan dengan observasi, ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam mengelola kelas, diantaranya adalah siswa bicara sendiri pada saat proses belajar mengajar sehingga kelas menjadi ramai, siswa kurang memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan guru, siswa malas mencatat inti materi dari penjelasan guru. Mencatat inti materi sangat penting karena akan membantu siswa mengingat kembali penjelasan guru seandainya sewaktuwaktu siswa lupa, sehingga siswa kurang aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan sehingga suasana kelas menjadi pasif. Peneliti menerapkan model pembelajaran Instruksional DDFK Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum dilakukan tindakan penelitian atau pra siklus menunjukkan rata-rata prosentase aktivitas siswa sebesar 46,332% termasuk kategori sedang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I menunjukkan rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,67% atau dalam kategori aktif dan rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus II sebesar 65,49% atau kategori aktif. Nilai ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan. Sedangkan peningkatan pemahaman konsep didapatkan dari hasil belajar kognitif siswa yaitu melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Pada hasil belajar pra siklus ketuntasan klasikal hanya sebesar 42,5%. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 50% nilai ini sedikit diatas nilai standar ketuntasan minimum individu yaitu 70. pada siklus II didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 77,5 %. hal ini sudah memenuhi standart KKM belajar biologi di SMA Negeri Balung sebesar 70% sedangkan hasil belajar siklus II sebesar 77,5%. Rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus II sebesar 62,67%. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus II adalah 77,5 %. Nilai ketuntasan hasil bel ajar klasikal yang diperoleh pada siklus II melebihi standar ketuntasan klasikal sebesar 77,5%, sehingga siklus dihentikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa telah tercapai pada siklus II. Sesuai dengan analisis data yang didapatkan, siswa kelas X-3 mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi dari pra-sklus ke siklus 1 dan terjadi peningkatan pula dari siklus I ke siklus II. Hal ini membuktikan bahwa model Instruksional DDFK dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-3 di SMA Negeri Balung. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4497
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository