FAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI
Abstract
Salah satu pelaku pembelajaran yakni guru, dituntut untuk memainkan peran
penting terutama dalam membantu peserta didik untuk membangun sikap positif
dalam belajar. Faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran di sekolah
adalah kemampuan guru dalam mengelola kelas. Kemampuan guru mengelola kelas
berkaitan dengan penciptaan iklim kelas yang kondusif. Oleh karena itu, kelas harus
dikelola dengan baik agar tercipta suasana yang menyenangkan dalam kegiatan
pembelajaran.
Akan tetapi tidak semua guru dapat mengelola kelas dengan baik seperti yang
dialami oleh guru ekonomi SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi .
Guru ekonomi di SMA Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi sering
mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Beberapa faktor
yang menyebabkan kesulitan guru ekonomi dalam pembelajaran di kelas berasal dari
pihak guru, dan pihak siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di SMA
Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subjek penelitian
menggunakan purposive, dengan beberapa syarat yaitu, guru ekonomi SMA Favorit
NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi yang mengalami kesulitan dalam proses
pembelajaran ekonomi ketika mengajar yaitu sebanyak 3 responden. Peneliti
menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode yang peneliti gunakan untuk
mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Anal isis data pada
vii
penelitian ini antara lain pengumpulan data mentah, reduksi data, display data, dan
kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa beberapa
faktor yang menyebabkan kesulitan guru ekonomi dalam pembelajaran di kelas
berasal dari pihak guru dan siswa. Guru ekonomi di SMA Favorit NU Tegaldlimo
Kabupaten Banyuwangi tidak mampu mengelola waktu pembelajaran dengan baik,
dan kurang siapnya guru dalam menyiapkan media pembelajaran, kemudian guru
juga mengalami kesulitan dalam melaksanakan RPP. Selain itu, faktor yang
menyebabkan kesulitan guru ekonomi dalam mengajar di kelas adalah dari pihak
siswa yang meliputi sikap terhadap belajar, siswa tidak mempunyai buku paket
ekonomi dan konsentrasi belajar. Jadi, dengan adanya beberapa faktor tersebut dapat
membuat guru merasa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi di SMA
Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.
Untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut guru ekonomi di SMA
Favorit NU Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi melakukan berbagai upaya untuk
menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Seperti menggunakan media gambar
yang sesuai dengan materi yang dapat menarik minat siswa, guru membuat diktat
mata pelajaran ekonomi untuk siswa, serta merubah cara mengajar yang awalnya
menggunakan metode ceramah, mereka merubahnya dengan metode diskusi dan
tugas, sehingga materi yang ditargetkan dapat terselesaikan secara keseluruhan.
Kata Kunci: Kesulitan Pembelajaran