• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS IV SDN 03 SLAWU KABUPATEN JEMBER MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Subur.pdf (1.497Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ahmad Subur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa dan meningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SDN 03 Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan tekhik observasi, tes,dan wawancara Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei 2011 sampai dengan tanggal 2 Juni 2011 dengan jumlah siswa 211 yang terdiri dari 11 perempuan dan 10 laki-laki.Berdasarkan hasil observasi Pada siklus I mengalami peningkatan dibanding tes awal sebesar 52,38% dan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 80,95 dari hasil tes siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas IV SDN 03 Slawu Kecamatan Patrang Kabupaten Jember karena tema puisi disesuaikan dengan suasana dan kondisi anak (2) Hasil belajar siswa pembelajaran membca puisi dapat ditingkatkan melalui model pembelajaean koopertif student Facilitator and Explaining apabila tema puisi disesuaikan dengan suasana dan kondisi anak dalam mengikuti pembelajaran. Adapun saran dalam penelitian yakni memahami, mengetahui dan menerapkan model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe lainnya karena dapat memberikan pengaruh trerhadap pembelajaran yang dilakukan serta dapat menjadi perbandingan yang efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4487
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository