• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Sirojul Munir_1.pdf (191.7Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ahmad Sirojul Munir
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan segala usaha yang telah dilakukan dengan sadar dan bertujuan mengubah tingkah laku manusia kearah yang lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Pendidikan akan merangsang kreativitas seseorang agar sanggup menghadapi tantangan-tantangan alam, masyarakat, teknologi serta kehidupan yang semakin kompleks. Salah satu unsur yang perlu disoroti untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah efektivitas metode pembelajaran. Metode pembelajaran memiliki dua aspek yang paling menonjol yakni metode mengajar dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan dapat menimbulkan minat sekaligus kreativitas dan motivasi siswa dalam mempelajari biologi, sehingga siswa dapat memperoleh manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran problem solving yang di kombinasikan dengan media animasi flash terhadap motivasi belajar, hasil belajar dan juga efektivitas pembelajaran khususnya pada pokok bahasan sistem ekskresi di SMA Negeri 2 Tanggul Jember kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2010/ 2011. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimental dimana model pembelajaran problem solving dengan media animasi flash diterapkan pada kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan model pembelajaran secara konvensional metode ceramah dengan media PPT diterapkan di kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang didapat dari hasil analisis angket motivasi dalam penerapan model pembelajaran problem solving dengan media animasi di SMA Negeri 2 Tanggul Jember, semester Genap 2010/ 2011 menunjukkan nilai signifikansi < 0,01 (df = 1; P = 0,00) dengan rerata peningkatan motivasi sebesar 0,46 untuk kelas eksperimen dan 0,33 untuk kelas kontrol. Hal ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran problem solving dengan media animasi berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul Jember. Hasil penelitian yang didapat dari hasil analisis hasil belajar yang telah dilakukan dari dalam penerapan model pembelajaran problem solving dengan media animasi di SMA Negeri 2 Tanggul Jember, semester Genap 2010/ 2011 menunjukkan bahwa perbedaan metode berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa < 0,01 (df = 1; P = 0,00) dengan rerata skor post-test sebesar 79,40 untuk kelas eksperimen dan 71,05 untuk kelas kontrol. Dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dengan media animasi berpengaruh sangat signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul Jember, khususnya pada pokok bahasan sistem ekskresi. Hasil analisis persentase efektivitas menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving dengan media animasi lebih efektif. Pada ranah kognitif ini pembelajaran problem solving dengan media animasi lebih efektif 11,75% dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berarti jika siswa yang diajar dengan model konvensional mendapat nilai 75 maka siswa yang diajar dengan pembelajaran problem solving dengan media animasi mendapatkan nilai 75 + (11,75% x 75) yaitu sebesar 83,81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem solving dengan media animasi di SMA Negeri 2 Tanggul Jember dapat meningkatkan motivasi dan memenuhi ketuntasan hasil belajar. Peneliti berharap dari penelitian yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4480
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository