Show simple item record

dc.contributor.authorAfib Rulyansah
dc.date.accessioned2013-12-05T02:53:49Z
dc.date.available2013-12-05T02:53:49Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210204150
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4477
dc.description.abstractDalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem solving, aktivitas siswa berdasarkan soal dan tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus I, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 26 siswa (60,5%) dengan nilai rata-rata 67,7 dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 17 siswa (39,5%). Siswa kesulitan dalam melaksanakan tahap memahami masalah dan menelaah kembali serta kesulitan dalam mengerjakan soal open ended. Pembelajaran dilanjutkan ke siklus II dengan tujuan memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus I. Pada siklus II, aktivitas siswa baik berdasarkan soal maupun tahap pemecahan masalah menurut Polya pada siklus II, menunjukkan > 50% siswa yang dinyatakan aktif dan sangat aktif. Dari ketuntasan belajar, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dan siswa yang tergolong tidak tuntas berjumlah 6 siswa (14%). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa ketuntasan secara klasikal yaitu 67% telah tercapai sehingga pelaksanaan penelitian dapat dihentikan dan dapat dikatakan berhasil. Aktivitas siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran. Lebih dari 50% dinyatakan aktif dan sangat aktif. Selain aktivitas, ketuntasan belajar siswa juga meningkat. Sebelum dilaksanakan tindakan pembelajaran, siswa yang tergolong tuntas hanya 15 siswa (34,9%) dengan nilai rata-rata 55,60 tetapi setelah dilaksanakan pemebelajaran, siswa yang tergolong tuntas berjumlah 37 siswa (86%) dengan nilai rata-rata 77,7. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa kemampuan siswa kelas VB dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar dan bangun ruang meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204150;
dc.subjectPendekatan Problem Solving, Kemampuan Siswa, Cerita Bangun Dataren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING MENURUT POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record