PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI), METODE GENIUS LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Abstract
Aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
berlangsung didominasi oleh aktivitas menyampaikan pendapat, memecahkan masalah,
dan menulis laporan, masing-masing memiliki skor rata–rata sebesar 3,37, 3,44, dan 3,27.
Rata-rata aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 3,13 yang ternasuk dalam
kriteria aktif. Aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif metode Genius Learning (GL) didominasi oleh aktivitas menjawab dan
menyampaikan pendapat yang sama-sama memiliki skor rata-rata sebesar 3,32. Rata-rata
aktivitas belajar siswa secara keseluruhan sebesar 2,95 yang ternasuk dalam kriteria aktif.
Sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran
konvensional didominasi oleh aktivitas mendengarkan yang memiliki skor rata-rata
sebesar 3,42. Rata-rata aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran konvensional
secara keseluruhan sebesar 2,35 yang termasuk kriteria cukup aktif. Berdasarkan data
tersebut maka dapat menjawab hipotesis yang diajukan bahwa ada perbedaan aktivitas
belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran pembelajaran kooperatif