PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA
Abstract
Hasil analisis data tes menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat
meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa kelas X Ak 2 SMK Trunojoyo
Kabupaten Jember mata pelajaran akuntansi. Pada siklus I diketahui jumlah skor ratarata
pemahaman siswaperetemuan pertama sebesar 84dan pertemuan kedua 88 dan
secara klasikal 72% (belum memenuhi standar ketuntasan minimum) mengalami
peningkatan pada siklus II secara individu pertemuan pertama 86 dan secara klasikal
mencapai 95%. Pemahaman siswa rata-rata secara individu pada pertemuan kedua
sebesar 90 dan secara klasikal mencapai 100% (sudah memenuhi standara ketuntasan
minimun). Sedangkan skor rata-rata keterampilan siswa pada siklus I pertemuan
pertama jumlah skor rata-rata 2,1 dan pada pertemuan kedua meningkat sebesar 2,2
(kategori sedang) dan meningkat pada siklus II pertemuan pertamajumlah skor ratarata
2,3 dan pada peretmuan kedua meningkat sebesar 2.4 (kategori tinggi).
Berdasarkan analisis data yang diperolah dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan belajar siswa.
Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMK Trunojoyo Jember agar metode
resitasi dapat dijadikan sebagai alternatife mengajar oleh guru dalam proses
pembelajaran akuntansi.