dc.contributor.author | LULUS TRIYANINGSIH | |
dc.date.accessioned | 2013-12-05T02:41:58Z | |
dc.date.available | 2013-12-05T02:41:58Z | |
dc.date.issued | 2013-12-05 | |
dc.identifier.nim | NIM080210391064 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4451 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai skor rata- rata
59,80 % dan pada siklus II mencapai skor rata- rata 73,33 %. Hal ini berarti aktivitas
belajar siswa meningkat dari kriteria cukup aktif menjadi aktif. Peningkatan pada
hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan belajar secara
klasikal mencapai 69,70 % pada siklus I dan pencapaian ketuntasan belajar klasikal
sebesar 84,85 % pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa pada mata
pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun laporan keuangan pada perusahaan
jasa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah hendaknya guru mata
pelajaran akuntansi di SMA Negeri Arjasa menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization sebagai salah satu alternatif dalam
pembelajaran akuntansi. | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NIM 080210391064; | |
dc.subject | “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa” ( | en_US |
dc.type | Other | en_US |