OPTIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN STRATEGI JIGSAW IV-RECIPROCAL TEACHING
Abstract
Konsep keanekaragaman hayati merupakan topik yang menarik sekaligus menantang. Dalam mempelajari konsep keanekaragaman hayati selain diperlukan pemahaman konsep yang mendalam juga hubungan antar konsep. Konsep keanekaragaman hayati ada pada kelas X semeseter 2 yang meliputi konsep keanekaragaman gen, species, ekosistem, keanekaragaman hayati khas Indonesia, keaenakaragaman tumbuhan, dan hewan. Oleh karenanya proses pembelajaran diarahkan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Salah satu strategi belajar yang berpotensi dapat mengoptimalkan proses pembelajaran konsep keanekaragaman hayati adalah strategi Jigsaw lV- Reciprocal Teaching. Strategi ini selain siswa dilatih menjadi ahli menguasai konsep, ahli dalam berkomunikasi dan kerjasama juga dilatih mengembangkan keterampilan berpikir. Penelitian dilaksanakan di SMAN2 Jember, SMAN3 Jember, SMAN1 Kalisat Jember, dan SMA Muhammadiyah 3 Jember. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, instrumen hasil belajar kognitif, dan observasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa strategi Jigsaw lV-Reciprocal Teaching terbukti mampu meningkatkan proses pembelajaran konsep keanekaragaman hayati, keterampilan siswa dalam kegiatan praktikum, dan hasil belajar kognitif biologi siswa.