Show simple item record

dc.contributor.authorAGATHA DWI WINDYANTIKA
dc.date.accessioned2013-12-05T02:23:20Z
dc.date.available2013-12-05T02:23:20Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210301008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4422
dc.description.abstractPermasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran akuntansi adalah sulitnya siswa dalam menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru yang berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena dalam memahami Akuntansi dibutuhkan penalaran yang baik agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi. Agar akuntansi menjadi pelajaran yang menarik dan diminati siswa, maka diharapkan guru dapat memilih kegiatan pembelajaran yang sebanyak mungkin melibatkan siswa agar dapat belajar secara aktif secara fisik maupun mental demi peningkatan mutu hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, permasalahan yang muncul dalam pembelajaran akuntansi di kelas X Ak 2 adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada saat pembelajaran berlangsung, sebagian siswa tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, berbicara sendiri dengan teman sebangku dan melakukan kegiatan-kegiatan di luar konteks pembelajaran. Pemilihan metode ataupun pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelas dan materi pembelajaran sangat penting, terutama dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti dan guru memilih pendekatam keterampilan proses menggunakan metode pemberian tugas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan vii keterampilan proses menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran akuntansi kelas X Ak 2 SMK Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 20122013 pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu di SMK Negeri 1 Jember, dan subjek penelitian yaitu kelas X Ak 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Ak 2 di SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun laporan keuangan tahun pelajaran 2012-2013. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa secara klasikal mencapai 61,62% dengan kategori aktif dan pada siklus II persentase aktivitas siswa secara klasikal mencapai 76,31% dengan kategori aktif. Selain peningkatan aktivitas belajar, hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar pada mata pelajaran akuntansi juga mengalami peningkatan. Secara klasikal pada siklus I rata-rata nilai sebesar 76,02, dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 73,68%. Dan pada siklus II peningkatan rata-rata nilai sebesar 86,02, dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 92,1%. Artinya, sudah memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah bahwa ketuntasan secara klasikal ≥ 75% siswa yang memperoleh nilai 71. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menyusun laporan keuangan menunjukkan tercapainya tujuan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses menggunakan metode pemberian tugas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301008;
dc.subjectMetode Pemberian Tugasen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record