PENGARUH PRODUCT PLACEMENT DALAM FILM PURPLE LOVE (STUDI PADA REMAJA DI TIGA PRODUCT PLACEMENT PERMEN RELAXA PURPLE LOVE TERHADAP BRAND KNOWLEDGE DAN BRAND ATTITUDE REMAJA DI TIGA KECAMATAN KOTA JEMBER SKRIPSI Oleh Enggar Swandayani NIM 080810201130 JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER 2012 PERMEN RELAXA BRAND KNOWLEDGE KOTA JEMBER)
Abstract
Penelitian dengan judul Pengaruh Product Placement Permen Merek Relaxa
dalam Film Purple Love terhadap Brand Knowledge dan Brand Attitude (Studi
pada Remaja di tiga kecamatan kota Jember) bertujuan untuk mengetahui,
menganalisis dan membuktikan bahwa product placement berupa permen merek
Relaxa dalam film Purple Love memengaruhi brand attitude baik secara langsung
maupun tidak langsung melalui brand knowledge bagi remaja di tiga kecamatan
kota Jember. Obyek penelitian ini adalah remaja yang pernah melihat tayangan
film Purple Love dengan rentang usia 17 hingga 22 tahun dan berdomisili di
Jember khususnya daerah kecamatan Patrang, kecamatan Kaliwates, dan
kecamatan Sumbersari. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan
(explanatory research) yang menggunakan metode survey dengan cara
menyebarkan kuesioner kepada responden untuk mendapatkan data dan informasi
yang dibutuhkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80
responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel Purposive
sampling. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel product placement
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand knowledge dan brand attitude.
Sehingga dapat disimpulkan munculnya suatu produk iklan melalui media film
berpengaruh positif terhadap pembentukan pengetahuan akan merek bagi
penonton remaja tetapi pembentukan pengetahuan akan merek tidak selalu
memengaruhi pola tingkah laku pembelian pada remaja tersebut.