PERSAINGAN BISNIS OTOMOTIF MOTOR DI JEMBER PADA MASA KRISIS TAHUN 1998-2010
Abstract
Karya tulis ini membahas tentang persaingan bisnis berbagai merek otomotif
motor. Bahan-bahan yang digunakan sebagai kajian penelitian adalah merupakan
hasil observasi lapangan, hasil interview dan data penjualan dari dealer otomotif
motor sebagai bahan kajian historis. Penelitian dilakukan guna mengetahui
bagaimanakah persaingan bisnis otomotif motor dan dampak krisis ekonomi tahun
1998 terhadap penjualan otomotif motor di Kabupaten Jember. Selain itu, melalui
penelitian ini, peneliti ingin mengetahui tanggapan masyarakat Kabupaten Jember
terhadap eksistensi berbagai jenis merek otomotif yang ditawarkan. Bisnis
otomotif motor merupakan bidang usaha yang perkembangan dan eksistensinya
ditentukan oleh penerimaan pasar terhadap produk yang ditawarkan, sedangkan
pangsa pasar sendiri ditentukan oleh tanggapan masyarakat atau konsumen
sebagai pengguna produk yang ditawarkan. Krisis ekonomi yang terjadi membuat
harga-harga berbagai kebutuhan hidup termasuk transportasi menjadi semakin
mahal. Otomotif motor merupakan sarana transportasi dengan konsumsi bahan
bakar yang irit dan dapat menempuh jarak yang cukup jauh. Krisis ekonomi yang
terjadi membuat animo masyarakat terhadap otomotif motor tetap tinggi, karena
selain sebagai solusi mengatasi mahalnya biaya transportasi, otomotif motor
merupakan sarana transportasi yang ekonomis, efisien, perawatannya mudah dan
harganya relabih lebih murah apabila dibandingkan dengan alat transportasi
otomotif lainnya