PEMBERDAYAAN ACADEMIC SKILL DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PERKULIAHAN TAKSONOMl HEWAN INVERTERBATA BERBASIS LESSON STUDY (LS)
Abstract
Perkuliahan Taksnomi Hewan Invertebrata membahas kenanekaragaman hewan-hewan Invertebrate, karakteristiknya morfologi, fisiologi, klasifikasi, hubungan kekerabatan (filogeni), dan peranan lnvertebrate bagi kehidupan manusia. Perkuliahan dilaksanakan dengan tatap muka dan praktek yang dilaksanakan secara terpisah. Perkuliahan dilakanakan secara teom teaching. Dari hasil evaluasi pelaksanaan perkuliahan tahun-tahun sebelumnya menunjukkan bahwa mahasiswa lebih memprioritaskan nilai kelulusan dan terkadang mengenyampingkan keterampilan penguasaan academic skill. Penelitian ini dilakukan dengan mengaplikasikan pola pembelajaran berbasis lesson study (LS) dengan menerapkan pembelajaran PBL pada Phylum Porifera. Pada pembelajaran ini dilakukan pentahapan yaitu plan, do, dan, see. Perkuliahan dilakukan dengan melibatkan teman sejawat di dalam merancang perkuliahan melakukan observasi, dan dalam kegiatan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan PBL dan data hasil dokumentasi diperoleh data adanya peningkatan academic skill dengan dilangsungkannya pembelajaran PBL pada semua aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain: merumuskan masalah, deduksi teori,menyusun hipotesis, melaksanakan penyelidikan, dan menyusun kesimpulan