PENGEMBANGAN PERANGKAT E-PORTOFOLIO ASSESSMENT LAPORAN PRAKTIKUM POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI DI MA
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X
MAN 2 Jember kabupaten Jember, peneliti memperoleh informasi bahwa
penilaian yang digunakan oleh guru dalam menilai kegiatan praktikum masih
bersifat konvensional. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat eportofolio
assessment (penilaian portofolio) untuk kegiatan praktikum. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan perangkat penilaian kegiatan
praktikum pokok bahasan optika geometri yang memenuhi validitas logis,
validitas empiris, dan reliabilitas.
Perangkat e-portofolio assessment laporan praktikum pokok bahasan
optika geometri dikembangkan menggunakan model pengembangan perangkat
4-D. Memahami keterbatasan peneliti dari aspek waktu dan biaya, maka
penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat
pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap
perancangan, dan tahap pengembangan. Instrumen perolehan data yang digunakan
adalah lembar validasi logis, lembar angket respon guru fisika, lembar penilaian
LKS, dan laporan praktikum. Lembar validasi logis digunakan untuk memperoleh
data hasil validasi dari validator (beberapa pakar) terhadap perangkat e-portofolio
assessment. Lembar angket respon guru fisika digunakan untuk validasi empiris.
Sedangkan lembar penilaian LKS dan laporan digunakan untuk reliabilitas.
Perangkat penilaian yang akan digunakan dalam kegiatan praktikum fisika
pada pokok bahasan optika geometri terdiri atas: (1) silabus; (2) rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP); (3) Lembar Kerja Siswa (LKS); dan (4)
program penilaian e-portofolio.
vii
Perangkat e-portofolio assesment fisika yang dinyatakan berkategori valid
merupakan perangkat yang sudah melalui tahap validasi ahli (Logic). Validasi ahli
pada penelitian ini terdiri dari 3 dosen program studi pendidikan fisika yaitu ibu
Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd., bapak Drs. Singgih Betiarso, M.Pd., dan bapak Drs.
Maryani. Hasil validasi logis dikatakan valid apabila skor rata-ratanya ≥ 4. Hasil
penilaian dari validasi logic perangkat e-portofolio assessment ini valid karena
skor rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 4. Bahan ini layak digunakan untuk uji
pengembangan di kelas.
Validasi empiris perangkat e-portofolio assessment ini menggunakan skor
rata-rata angket respon guru fisika kelas X di MAN 2 Jember. Pada penelitian ini,
guru yang dimaksud yaitu bapak Syamsuri, S.Pd., bapak Heri Widodo,
S.Pd.,M.M., dan ibu Titik Murniyatim, S.Pd. Rata-rata skor dari ketiga guru yaitu
50,33. Perhitungan tersebut membuktikan bahwa instrumen perangkat eportofolio
assessment
laporan praktikum ini termasuk kategori valid, karena ratarata
skor
respon
guru
fisika
kelas
X
di
MA
lebih
dari
50.
Reliabilitas pada penelitian ini terdiri dari hasil penilaian LKS dan
Laporan praktikum siswa kelas XC, XE, dan XI. Hasil perhitungan diketahui
bahwa rata-rata penilaian LKS dan Laporan Praktikum dari kelas XC sebesar
70,3; kelas XE sebesar 70,1; dan kelas XI sebesar 70,4. Untuk mengetahui bahwa
perangkat tersebut reliabel, maka uji reliabilitasnya menggunakan analisis OneWay
ANOVA dengan SPSS 16. Hasil dari analisis yaitu diperoleh p = 0,992.
Dengan demikian pada taraf nyata = 0,05 kita menerima Ho, sehingga kesimpulan
yang didapatkan adalah tidak ada perbedaan yang bermakna rata-rata nilai
berdasarkan ketiga kelas tersebut.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah hasil dari validitas logis dan validitas
empiris perangkat e-portofolio assessment dari para pakar dan guru fisika ini telah
diyatakan valid. Dan hasil dari reliabilitas perangkat juga telah reliabel.