IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA PERKULIAHAN MICROTEACHING PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS JEMBER DALAM PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERLESSON STUDY
Abstract
Matakuliah microteaching adalah matakuliah wajib program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Jember dengan bobot 2 SKS. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan lesson study (LS) pada perkuliahan microteaching dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa berlessons tudy.Penelitian dilaksanakan pada tahuna kademik1 1.2 terhadap1 1 mahasiswa pada kelompok microteaching kelas X yang terdiri atas 4 mahasiswa laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan microteaching( MT) dengan LS. Penelitian diawali dengan penguatan dan simulasi LS untuk kemudian dilanjutkan praktek microteaching. Pelaksanaan praktek microteaching dilaksanakan sebanyak 5 kali melalui pentahapan plan, do, dan see. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan mahasiswate ntang LS terjadi peningkatan. Keterampilan mahasiswa dalam pengelolaan pelaksanaan LS sebagai moderator, notulis, praktikan model, dan observer cukup baik. Peran observer dalam kegiatan do dan see bergeser dari peran observer secara konvensional pada perkuliahan microteaching bergeser sebagai observer LS. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan microteaching dengan LS dapat meningkatkan keterampilan berlesson study.