SEGMEN PASAR PASTA GIGI BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Segmen pasar pasta gigi membagi pasar berdasarkan variabel atribut
produk, variabel atribut produk tersebut terdiri dari harga, kemasan, merek,
kandungan floride, kandungan whitening, segar, bersih, dan sehat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui segmen pasar pasta gigi berdasarkan atribut produk di
wilayah perkotaan Kabupaten Jember dengan menggunakan tehnik analisis
klaster. Pada penelitian ini responden yang diambil sebanyak 80 responden.
Berdasarkan hasil analisis klaster menunjukkan bahwa segmen pasar pasta gigi
berdasarkan atribut produk menghasilkan tiga klaster. Klaster pertama yaitu
“klaster bersih” yang beranggotakan pasta gigi Pepsodent dan Ciptadent, klaster
kedua yaitu “klaster merek” yang beranggotakan pasta gigi Formula, dan pada
klaster ketiga yaitu “klaster harga” yang beranggotakan pasta gigi Close Up dan
Sensodyne.