PENGARUH MANAJEMEN PERUBAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS JASA KERETA API LOGAWA PADA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASIONAL IX
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang
pengaruh manajemen perubahan PT. Kereta Api Indonesia terhadap kepuasan
pelanggan dan loyalitas jasa kereta api Logawa pada daerah operasional IX. Populasi
dalam penelitian ini adalah pelanggan atau customers PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) Kereta Api Logawa di Daerah Operasional IX. Jumlah sampel adalah sama
dengan jumlah indikator dikalikan 5 (lima) sampai dengan 10 (sepuluh). Maka
jumlah sampel pada penelitian ini ditetapkan sebesar 110 responden yang tersebar
dalam tiga kecamatan Kota Jember, yang diperoleh dari jumlah seluruh variabel
indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 indikator dikalikan 11 (11 x
10 = 110).Metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel yaitu
metode Structural Equation Model (SEM).
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan bahwa Kebijakan baru
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mempunyai pengaruh terhadap kepuasan
pelanggan dengan arah positif. Kebijakan baru PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan arah positif. Dan
Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) Logawa dengan arah positif.