• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI PENGELOLAAN LABORATORIUM FISIKA 8 SMA NEGERI DI KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Marfian Cahya Winanda - 070210192160_1.pdf (291.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    MARFIAN CAHYA WINANDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberadaan laboratorium merupakan bagian yang tak terpisahkan, karena IPA khususnya fisika adalah ilmu yang lahir dan berkembang berdasarkan observasi dan eksperimen yang dilakukan dalam laboratorium. Laboratorium merupakan salah satu sarana penting yang tidak dapat diabaikan, karena didalam laboratorium siswa akan mendapat peluang untuk bekerja dengan alat-alat dan bahan fisika guna memecahkan masalah yang dihadapi. Laboratorium adalah suatu tempat untuk memberikan kepastian atau menguatkan informasi, menentukan hubungan sebab akibat, menunjukkan gejala, memverifikasi (konsep, teori, hukum, rumus) mengembangkan keterampilan proses, membantu siswa belajar menggunakan metode ilmiah dalam memecahkan masalah dan untuk melaksanakan penelitian. Dengan ini dapat diasumsikan dalam pembelajaran fisika sarana laboratorium sangat diperlukan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengelolaan laboratorium fisika SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso pada tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pada penelitian ini tempat penelitian yang ditetapkan adalah SMAN 1 Bondowoso, SMAN 2 Bondowoso, SMAN 3 Bondowoso, SMAN 1 Tenggarang, SMAN Tamanan, SMAN Grujugan, SMAN 1 Prajekan dan SMAN 1 Sukosari tahun ajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 22 Mei 2013 sampai dengan 8 juni 2013. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Data yang didapatkan adalah skor angket yang diperoleh untuk SMAN 1 Bondowoso sebesar 60 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 86,96%; skor angket yang diperoleh untuk SMAN 2 Bondowoso sebesar 59 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 85,51%; skor angket yang diperoleh untuk SMAN 3 Bondowoso sebesar 59 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 85,51%; skor angket yang diperoleh untuk SMAN 1 Tenggarang sebesar 56 dan dihitung vii menggunakan prosentase diperoleh 81,16%; skor angket yang diperoleh untuk SMAN Tamanan sebesar 54 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 78,26%; skor angket yang diperoleh untuk SMAN Grujugan sebesar 43 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 62,32%; skor angket yang diperoleh untuk SMAN 1 Prajekan sebesar 53 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 76,81%; dan skor angket yang diperoleh untuk SMAN 1 Sukosari sebesar 47 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 68,12%. Skor angket pengelolaan laboratorium fisika SMA dari seluruh sekolah secara umum diperoleh skor rata-rata 53,88 dan dihitung dengan menggunakan prosentase diperoleh 78,08% (termasuk predikat baik), hal ini menunjukkan bahwa SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso dapat dikatakan mampu mengelola laboratorium fisika dengan baik. Berdasarkan hasil angket pula, kita dapat melihat skor rata-rata masingmasing indikator pengelolaan laboratorium fisika SMA dari seluruh sekolah di Kabupaten Bondowoso, yaitu skor rata-rata untuk perencanaan laboratorium sebesar 32,25 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 78,33%; skor ratarata untuk penyimpanan alat dan bahan laboratorium sebesar 7,5 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 83,33%; dan skor rata-rata untuk pemeliharaan alat dan bahan laboratorium sebesar 11,13 dan dihitung menggunakan prosentase diperoleh 74,17%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa di Kabupaten Bondowoso cenderung lebih kuat pada poin penyimpanan alat dan bahan laboratorium fisika dan lemah pada poin pemeliharaan alat dan bahan laboratorium, hal itu dikarenakan penyimpanannya sudah banyak yang disesuaikan menurut jenis, fungsi dan ukurannya dari masing-masing alat dan bahan yang ada di laboratorium sedangkan pemeliharaannya masih lemah dikarenakan pemeliharaan alat dan bahan laboratorium khususnya fisika banyak memakan biaya operasional, sehingga banyak sekolah yang kurang memperhatikan dari segi pemeliharaannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4354
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository