PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN LKS OPEN-ENDED QUESTIONS DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 MAESAN
Abstract
Pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan proses
untuk memperoleh konsep-konsep fisika dalam menumbuhkan nilai dan sikap
ilmiah siswa. Oleh karena itu, dalam pembelajarannya siswa dituntut aktif, kreatif,
dan mampu berpikir kritis tidak hanya tergantung pada guru saja. Namun pada
kenyataannya kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru dan kurang
efektif sehingga mengakibatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa rendah.
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada kelas VIII A SMP Negeri 2
Maesan, proses belajar mengajar di kelas kurang efektif sehingga berdampak pada
rendahnya sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil Ujian Tengah
Semester hanya 8 siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) yaitu ≥ 70.
Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk memperbaiki
pembelajaran fisika tersebut adalah penerapan pembelajaran dengan LKS openended
questions disertai metode eksperimen. Pembelajaran dan metode ini
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan dan
pengalaman menemukan, mengenali, dan menyelesaikan masalah dengan
beberapa teknik dan untuk melatih siswa melakukan proses percobaan sendiri
maupun kelompok sehingga siswa sepenuhnya terlibat untuk menemukan fakta,
mengumpulkan data, mengendalikan variabel, dan memecahkan masalah yang
dihadapi secara nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa menggunakan LKS openended
questions
disertai
metode
eksperimen
pada
siswa
kelas
VIII
A
SMP
Negeri
2
Maesan.
vii
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini
adalah model Hopkins dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Negeri
2 Maesan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang tiap siklusnya
dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran open-ended problem disertai
metode eksperimen yang disempurnakan sesuai dengan refleksi pada siklus
sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan
sikap ilmiah siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar
siswa pada tiap siklus serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Dari hasil analisis data sikap ilmiah siswa dari setiap siklusnya mengalami
peningkatan. Persentase sikap ilmiah pra siklus ke siklus 1 mengalami
peningkatan yang awalnya 37,71% menjadi 54,31% temasuk kategori kurang
sekali, siklus 2 yaitu menjadi 62,72% dalam kategori cukup dan siklus 3
mengalami peningkatan menjadi 69,18% dalam kategori cukup. Persentase hasil
belajar siswa pada tiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Persentase hasil
belajar pra-siklus ke siklus 1 ditunjukkan dengan nilai <g> yaitu sebesar 0,35
termasuk kategori sedang. Dari pra siklus ke siklus 2 ditunjukkan dengan nilai
<g> sebesar 0,49 termasuk kategori sedang. Selanjutnya dari pra siklus ke siklus 3
ditunjukkan dengan nilai <g> sebesar 0,55 dan masih dalam kategori sedang.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah dan
hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Maesan melalui
pembelajaran dengan LKS open-ended questions disertai metode eksperimen
mengalami peningkatan.