PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian
ditentukan dengan cara Purposive Area yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2
Sidoarjo dan penentuan responden penelitian menggunakan Proportional Random
Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya
diuji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan
viii
yaitu analisis deskriptif dan inferensial (uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi
linier berganda, uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan
menggunakan program SPSS 17,00 for windows).
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ý=1,260 +
0,637X1+0,606X2+0,206X3+0,113X4+0,364X5+ei dengan R2 (R square) sebesar
0,806. Uji F diperoleh hasil Fhitung sebesar 70,778 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5%
yaitu sebesar 2,32 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu Fhitung > Ftabel maka
Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (bukti
fisik, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati) secara simultan memiliki
pengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun
2012. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 80,6%. Sedangkan secara parsial, kualitas
pelayanan memiliki pengaruh bukti fisik 30,37%, keandalan 33,38%, jaminan 1,86%,
daya tanggap 2,69% dan empati 12,27%.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1)
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA
Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun 2012 sebesar 80,6% dan 2) keandalan memiliki
pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan siswa memilih SMA
Muhammadiyah 2 Sidoarjo Tahun 2012 sebesar 33,38%.