PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TPS ( MAPPING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 TANGGUL
Abstract
Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada
penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititik
beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, penyajian data
secara sistematis dan berdasarkan aturan-aturan tertentu. Solusi alternatif untuk
menumbuhkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa yaitu dengan proses belajar
mengajar yang efektif dan menyenangkan. Salah satu alternatif model pembelajaran
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe TPS
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TPS
vii
concept mapping terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa kelas X di
SMAN 2 Tanggul.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Metode penentuan sampel
penelitian yang digunakan adalah metode cluster random sampling. Sebelum
melakukan pengambilan sampel, dilakukan uji homogenitas dengan analisis of varian
menggunakan SPSS 16 terhadap populasi kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul. Jika
homogen akan diambil secara acak sampel yang dibutuhkan sebagai kelas kontrol
maupun kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah posttest-only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah skor angket
sikap ilmiah dan nilai hasil post test siswa.
Berdasarkan hasil uji homogenitas nilai signifikan 0,856 > 0,05 sehingga
variansi data varian homogen, sehingga uji ANOVA dapat dilanjutkan. Hasil dari
anova diperoleh nilai signifikansi data 1.000 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan
bahwa data yang ada adalah homogen. Hasil analisis Independent-Sample T-test
untuk uji hipotesis penelitian 1, terlihat bahwa F hitung levene test sebesar 0,005
dengan signifikansi 0,942 0,05. Hasil analisis Independent-Sample T-test di atas
menunjukkan nilai t pada equal variances assumed adalah 3,342 dengan signifikansi
pada equal variance assumed adalah 2,141 dengan signifikansi
Kesimpulan yang diperoleh adalah model kooperatif tipe TPS dengan metode
eksperimen disertai teknik concept mapping berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan
hasil belajar fisika siswa kelas X di SMAN 2 Tanggul.