• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORASI KALIMAT PERNYATAAN KRITIK ARTIKEL PADA SISWAKELAS X4 SMA NEGERI BALUNG

    Thumbnail
    View/Open
    Rurut Kristina.pdf (209.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Rurut Kristina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik pada artikel bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara kritis siswa kelas X4 SMA Negeri Balung. Hal ini dilakukan karena keterampilan berbicara siswa rendah. Dari 40 siswa, sebanyak 37 siswa atau 92,5% mendapatkan nilai ≤ 75, sehingga tidak memenuhi KKM Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dari empat tahap yaitu: Data pada penelitian ini berupa hasil pengamatan pada siswa dan guru saat proses penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel, hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel, dan hasil wawancara terhadap siswa serta guru.. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 40 siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X4 SMA Negeri Balung. Hasil penelitian keterampilan berbicara kritis siswa kelas X4 SMA Negeri Balung setelah diterapkan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel mengalami peningkatan. Siswa yang mencapai ketuntasan hasil tes keterampilan berbicara dengan nilai ≥ 75 pada tahap prasiklus adalah 7,5% atau 3 siswa, tahap siklus I adalah 42,5% atau 17 siswa dari 40 siswa, dan tahap siklus II, sebanyak 32 siswa atau 80% . Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian dan pembahasan adalah penerapan model pembelajaran eksplorasi kalimat pernyataan kritik artikel yang meningkatkan keterampilan berbicara kritis siswa kelas X4 SMA Negeri Balung berlangsung dengan tahap observasi, menemukan, mengaplikasikan, dan menyimpulkan. Keterampilan berbicara kritis mengalami peningkatan, yaitu pada prasiklus 7,5%, siklus I meningkat menjadi 42,5% siswa, dan siklus II meningkat lagi menjadi 80% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya saran yang dapat diberikan, yaitu 1)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4286
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository