Show simple item record

dc.contributor.authorFatimah
dc.date.accessioned2013-12-05T00:23:15Z
dc.date.available2013-12-05T00:23:15Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210391001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4260
dc.description.abstractSalah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar akuntansi diantaranya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa berupa kemampuan penalaran. Dilakukannya kegiatan pembelajaran akuntansi yang melatih kemampuan penalaran siswa, dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik. Hal ini disebabkan dengan melatih kemampuan penalaran, siswa dapat memahami konsep akuntansi dengan mudah, sehingga ketika dihadapkan pada soal-soal kasus akuntansi mereka bisa mengerjakannya dengan baik. Pihak SMK Negeri 1 Jember terus berupaya untuk menerapkan pembelajaran yang melatih kemampuan penalaran siswa, baik dengan pemberian tugas kepada siswa maupun melalui cara guru menyampaikan materi pelajaran pada siswa. Melalui upaya tersebut diharapkan kemampuan penalaran siswa akan terlatih sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Jember semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yang dilakukan di SMK Negeri 1 Jember, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial (Persamaan Garis Regresi Linier sederhana, Efektifitas Garis x Regresi, Uji F) dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 17,00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data menggunakan uji F menghasilkan Fhitung (173,287) > Ftabel (4,02) dengan tingkat signifikansi 5% dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 76,2% yang berarti bahwa variabel kemampuan penalaran memberikan proporsi sumbangan sebesar 76,2% terhadap hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan penalaran memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang sifatnya meningkatkan kemampuan penalaran hendaknya ditingkatkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391001;
dc.subjectPELAJARAN AKUNTANSIen_US
dc.titlePENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record