TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM FORUM DISKUSI MAHASISWA
Abstract
Forum diskusi seminar merupakan kegiatan diskusi yang banyak dilakukan
dalam pembelajaran. Seminar pada umumnya merupakan pertemuan untuk
membahas masalah tertentu dengan prasaran serta tanggapan melalui diskusi dan
pengkajian untuk mendapatkan suatu konsensus/keputusan bersama. Masalah yang
dibahas pada umumnya terbatas dan spesifik/tertentu, bersifat ilmiah dan subject
approach.
Alasan mengkaji “Tindak Tutur Representatif dalam Forum Diskusi
Mahasiswa” ini adalah wujud tindak tutur dalam proses forum diskusi seminar
proposal skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni PBSI FKIP
Universitas Jember memiliki ragam wujud tindak tutur khususnya tindak tutur
representatif yang disampaikan oleh penyaji maupun peserta seminar. Selain itu
dalam tiap tuturan tersebut memiliki modus tuturan yang beragam.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini mencakup : 1) bagaimanakah wujud
tindak tutur representatif dalam forum diskusi seminar proposal skripsi mahasiswa
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember? 2)
bagaimanakah modus tutur pada tindak tutur representatif dalam forum diskusi
seminar proposal skripsi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Seni Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember? . Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
1) memperoleh deskripsi tentang wujud tindak tutur representatif dalam forum
vii
diskusi mahasiswa tersebut, 2) memperoleh deskripsi tentang modus tutur dalam
forum diskusi mahasiswa tersebut.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu observasi
dan rekam (menggunakan alat bantu MP4 dan kamera digital/kamera camcorder).
Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif,
yang terdiri atas tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tuturan representatif
dalam forum diskusi seminar proposal skripsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa
dan Seni PBSI FKIP Universitas Jember meliputi : 1) tindak tutur representatif
menyatakan, 2) tindak tutur representatif mengakui, 3) tindak tutur representatif
memuji, 4) tindak tutur representatif menyebutkan, 5) tindak tutur representatif
memberitahu, 6) tindak tutur representatif mengemukakan pendapat, 7) tindak tutur
representatif mengungkapkan alasan, 8) tindak tutur representatif menunjukkan
sesuatu. Dalam tindak tutur tersebut terdapat pula penanda atau pemarkah verba yang
berfungsi sebagai penjelas dan pelengkap suatu tuturan.
Pada wujud tindak tutur representatif tersebut juga diperoleh beberapa modus
tindak tutur yang befungsi untuk mengungkapkan maksud dari penutur dalam
menyampaikan tuturannya dalam forum diskusi mahasiswa tersebut yaitu : 1) modus
desideratif, 2) modus imperatif, 3) modus indikatif, 4) modus interogatif, 5) modus
obligatif, 6) dan modus optatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diajukan saran: 1) bagi guru mata
pelajaran Bahasa Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
pengembangan dan pengayaan keterampilan bahasa yaitu keterampilan berbicara
khususnya pada materi tentang diskusi, 2) bagi mahasiswa FKIP Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan
sebagai bahan diskusi dalam mata kuliah pragmatik, dan 3) bagi peneliti lain yang
ingin mengadakan penelitian serupa, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
perbandingan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dalam lingkup yang lebih
luas, yaitu misalnya dalam aspek fungsi tuturan, strategi, implikatur, deiksis, atau
berdasarkan prinsip kerja sama (maksim)