PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JAMAAH HAJI KBIH AL GHAZAALIE SE KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER TAHUN 2011
Abstract
Saat ini dominasi sektor jasa merambah pada penyelenggaraan bimbingan
ibadah haji.
Strategi keberhasilan yang dilakukan oleh lembaga jasa tersebut
ditentukan oleh kemampuan d
alam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada
pelanggannya. Hal ini dikarenakan
jamaah haji sekarang mencari lembaga yang
memiliki mutu pelayanan yang baik
yang dapat membimbing mereka dalam
melaksanakan ibadah haji.
Kualitas pelayanan KBIH antara lain kehandalan, daya
tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik.
Pihak KBIH terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya baik
dari segi pelayanan oleh pembimbing, karyawan, maupun pimpinan. Karena dengan
ada upaya peningkatan pelayanan diharapkan ja
maah haji merasa puas sehingga dapat
memberitahukan kepada orang lain tentang kualitas pelayanan yang diberikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan jamaah haji KBIH Al Ghazaalie se Kecamatan Sumbe
rsari Jember
Tahun 2011 dan 2) mengetahui variabel
kualitas pelayanan mana yang memiliki
pengaruh lebih dominan terhadap kepuasan jamaah haji KBIH Al Ghazaalie se
Kecamatan Sumbersari Jember Tahun 2011.
Jenis p
enelitian ini adalah kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan
cara
purposive yang dilaksanakan di KBIH Al Ghazaalie Jember. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Angket
dalam penelitian ini sebelumnya diuji dengan
menggunakan
uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu
vii
inferensial (
Persamaan Garis Regresi Linier Berganda, Efektifitas Garis Regresi, Uji
F, Uji t
) dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program
SPSS 17,00 for Windows.
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y=0,566 + 0,141X
+ 0,266X
2
+0,455X
3
+ 0,303X
4
+ 0,190X
+ e dengan R² (R square) sebesar 0,736.
Uji F diperoleh hasil
F
hitung
> F
tabel
viii
5
dengan nilai F
hitung
sebesar 30,088 dan nilai F
pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,386 dan dapat disimpulkan Ho ditolak dan
Ha diterima. Sehingga semua variabel bebas (independen), yaitu Kehandalan (X1),
Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4) dan Bukti Fisik (X5) secara simultan
(bersama
-sama) memiliki pengaruh nyata terhadap variabel terikat (dependen), yaitu
Kepuasan Jamaah Haji
KBIH Al Ghazaalie Jember (Y). Besarnya pengaruh tersebut
sebesar 73,6%. Secara parsial, masing-masing variabel bebas yaitu Kehandalan (X1),
Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4) dan Bukti Fisik (X5) berpengaruh
signifikan terhadap variabel terikat yaitu variabel Kepuasan Jamaah Haji KBIH Al
Ghazaalie Jember (Y).
Besarnya pengaruh masing-masing variabel yang terdiri atas
kehandalan 12,77%, daya tanggap 14,79%, jaminan 22,99%, empati 9,71%, dan bukti
fisik 13,32%
.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1)
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan jamaah haji KBIH Al Ghazaalie
se Kecama
tan Sumbersari Jember Tahun 2011 sebesar 73,6% dan 2) jaminan
memiliki pengaruh lebih dominan terhadap kepuasan jamaah haji KBIH Al Ghazaalie
se Kecamatan Sumbersari Jember Tahun 2011 sebesar
22,99%.