dc.description.abstract | Pada suatu proses pembelajaran di sekolah tidak akan pernah terlepas dari
adanya pemberian tugas dari guru kepada siswa. Adanya pemberian tugas ini
menyebabkan guru harus dengan teliti memperhatikan kinerja siswa dalam
mengerjakan tugas yang diberikan tersebut. Ketika seorang siswa mengerjakan tugas
yang diberikan, guru harus dengan aktif dapat memberikan penguatan baik penguatan
yang positif maupun penguatan yang negatif. Ketika seorang siswa telah berhasil
mengerjakan tugas yang diberikan maka guru akan memberikan penguatan yang
bersifat positif. Akan tetapi jika seorang siswa melakukan kesalahan dalam
mengerjakan tugas atau tidak mengerjakan tugas yang diberikan, maka guru akan
memberikan penguatan yang bersifat negatif. Pemberian penguatan oleh guru ini
dimaksudkan agar siswa memiliki semangat belajar yang lebih baik daripada
sebelumnya, sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik.
Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan variabel pemberian
penguatan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari tahun
ajaran 2012/2013 dan untuk mengetahui salah satu variabel pemberian penguatan
terdiri dari penguatan positif dan negatif yang memiliki pengaruh dominan terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari tahun ajaran 2012/2013.
Adapun hipotesis yang diajukan yaitu variabel pemberian penguatan mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1
Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013 dan salah satu dari variabel pemberian penguatan
vii
terdiri dari penguatan positif dan negative memiliki pengaruh yang dominan terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan
metode proportional random sampling yaitu sebanyak 70 orang. Metode
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara,
dan dokumen. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, garis regresi
linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, koefisien determinasi, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian penguatan berpengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pakusari. Hasil
pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F
tabel
square
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian penguatan
memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini
dikarenakan dengan diberikannya penguatan oleh guru kepada siswa maka siswa
akan marasa percaya diri, senang, dan antusius dalam mengerjakan tugas yang
diberikan guru, sehingga dapat membuat prestasi belajar siswa menjadi lebih baik | en_US |