• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MASALAH – MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SDN ANTIROGO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    ACHMAD FAJAR RI - 100210274005 (2)_1.pdf (218.1Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    ACHMAD FAJAR RI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan hasil belajar IPS pada masalah-masalah sosial dengan metode bermain peran bagi siswa kelas IV SDN Antirogo 04 Kecamatan Jember. (2) Peningkatan aktivitas belajar IPS pada masalah-masalah sosial dengan metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN Antirogo 04 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 04 kelas IV yang terdiri dari 32 siswa, laki-laki 19 siswa dan perempuan 13 siswa. penelitian ini termasuk jenis penelitian Action Research (penelitian tindakan). Desain atau rancangan penelitian berupa perbaikan proses dalam pembelajaran IPS Pada konteks ini yang harus diperhatikan adalah input, proses, dan output. Jika dalam proses pembelajaran IPS terjadi ketidak sesuaian dengan tujuan pendidikan atau kurikulum, maka proses tersebut harus segera diperbaiki guna keberhasilan penguasaan konsep. Pengambilan data dimulai dilakukan pada tanggal 08 s/d 12 Maret 2012 dan siklus II tanggal 08 s/d 12 April 2012dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Antirogo 04 kecamatan sumbersari kabupaten Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran IPS dengan metode bermain peran adalah : dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada pra siklus nilai rata-rata siswa hanya 5,93 menjadi 71,5 pada akhir siklus2 dan prosentase ketuntasan belajar siswa dari 59,3% menjadi 96,8% sampai akhir siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap masalahmasalah sosial yang ada di lingkungan tempat tinggalnya dan sekitarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4252
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository