PERANAN PENDIDIK PAUD DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD NAHLA DESA JATIBANTENG KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Anak usia dini adalah usia ketika seorang anak memasuki masa keemasan
atau usia golden age. Disebut demikian karena pada usia ini merupakan masa kritis
dalam tahap perkembangan hidup seseorang. Masa ini adalah saat yang tepat untuk
meletakkan pondasi atau dasar-dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional,
konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama.Mandiri pada anak adalah bagaimana
anak belajar untuk mencuci tangan, makan, memakai pakaian, mandi, atau buang air
kecil/besar sendiri. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Bagaimanakah peranan
pendidik PAUD dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di PAUD NAHLA
Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran
2011/2012?” yang bertujuan untuk mengetahui peranan pendidik PAUD dalam
meningkatkan kemandirian anak usia dini di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng
Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat
dari penelitian ini adalah dapat menjadi bekal sebelum terjun langsung sebagai
pendidik yang profesional.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena jenis
penelitian ini adalah penelitian sosial.Daerah atau tempat penelitian ditetapkan di
PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo
menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi
yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian dengan waktu selama 6 bulan antara
bulan Januari s/d bulan Juni 2012. Informan kunci pada penelitian ini yaitu tiga orang
pendidik tetap di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng
Kabupaten Situbondo dan informan pendukung yaitu, Pengelola PAUD NAHLA
Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo serta 3 orang tua
peserta didik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data
primer dan data sekunder.Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada
penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Metode pengolahan data yang dipakai adalah perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi,dan menganalisisnya menjadi 3
cara yaitu Reduksi data, Display data dan Pengambilan keputusan dan verifikasi. Dari
beberapa pengolahan data diatas hasilnya dapat membantu peneliti untuk menemukan
gambaran data yang diinginkan yang kemudian diolah untuk menemukan data yang
lebih valid.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidik PAUD
NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo telah
mampu melakukan peranannya sebagai seorang pendidik dengan sangat baik. Hal ini
ditandai dengan semakin baiknya kemandirian yang dimiliki peserta didik jika
dibandingkan saat mereka baru memasuki sekolah dengan ketika mereka telah
mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan Saran Pendidik memiliki
peran yang sangat penting bagi peningkatan kemandirian anak. Bagi anak didik yang
belum mampu meningkatkan kemandiriannya, akan lebih baik apabila pendidik di
sekolah memberikan tugas yang berbeda dengan teman-temanya yang sudah mampu
meningkatkan kemandiriannya serta untuk menghindari kejenuhan dalam kegiatan
belajar mengajar sebaiknya kegiatan dilakukan diluar kelas.