• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANAN PENDIDIK PAUD DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD NAHLA DESA JATIBANTENG KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Yunan Helmi El Faris - 080210201026 (2)_1.pdf (939.5Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Yunan Helmi El Faris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini adalah usia ketika seorang anak memasuki masa keemasan atau usia golden age. Disebut demikian karena pada usia ini merupakan masa kritis dalam tahap perkembangan hidup seseorang. Masa ini adalah saat yang tepat untuk meletakkan pondasi atau dasar-dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama.Mandiri pada anak adalah bagaimana anak belajar untuk mencuci tangan, makan, memakai pakaian, mandi, atau buang air kecil/besar sendiri. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Bagaimanakah peranan pendidik PAUD dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012?” yang bertujuan untuk mengetahui peranan pendidik PAUD dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi bekal sebelum terjun langsung sebagai pendidik yang profesional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena jenis penelitian ini adalah penelitian sosial.Daerah atau tempat penelitian ditetapkan di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian dengan waktu selama 6 bulan antara bulan Januari s/d bulan Juni 2012. Informan kunci pada penelitian ini yaitu tiga orang pendidik tetap di PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo dan informan pendukung yaitu, Pengelola PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo serta 3 orang tua peserta didik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder.Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang dipakai adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi,dan menganalisisnya menjadi 3 cara yaitu Reduksi data, Display data dan Pengambilan keputusan dan verifikasi. Dari beberapa pengolahan data diatas hasilnya dapat membantu peneliti untuk menemukan gambaran data yang diinginkan yang kemudian diolah untuk menemukan data yang lebih valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidik PAUD NAHLA Desa Jatibanteng Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo telah mampu melakukan peranannya sebagai seorang pendidik dengan sangat baik. Hal ini ditandai dengan semakin baiknya kemandirian yang dimiliki peserta didik jika dibandingkan saat mereka baru memasuki sekolah dengan ketika mereka telah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan Saran Pendidik memiliki peran yang sangat penting bagi peningkatan kemandirian anak. Bagi anak didik yang belum mampu meningkatkan kemandiriannya, akan lebih baik apabila pendidik di sekolah memberikan tugas yang berbeda dengan teman-temanya yang sudah mampu meningkatkan kemandiriannya serta untuk menghindari kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar sebaiknya kegiatan dilakukan diluar kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4250
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository