dc.description.abstract | Peran pendidik dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting, dimana
seorang pendidik dituntut untuk memberikan kontribusi kreativitasnya dalam proses
pembelajaran serta menjadi panutan guna meningkatkan perkembangan sosial peserta
didik yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan. Kreativitas pendidik adalah sebuah
cara guna memecahkan setiap permasalhan yang sedang dihadapi di dalam proses
pembelajaran. Kreativitas pendidik dapat dilihat dari kepribadian pendidik, proses
pembelajaran, semangat, serta media apa yang digunakan dalam pembelajaran
sehingga mampu memberikan peningkatan pada perkembangan peserta didik.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakan
kontribusi kreativitas pendidik di Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011-2012, sehingga mampu memenuhi tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi kreativitas pendidik di
Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011-2012, dan apakah penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, bagi pendidik di
Kelompok Bermain Kecamatan Sumbersari, serta bermanfaat bagi masyarakat.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, yang berlokasi di
Kelompok Bermain Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, metode mengambil
sampel menggunakan purposive area. Penelitian dilaksanakan berkisar lima bulan,
pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan interviu, sedangkan
penentuan informan menggunakan metode ledakan bola salju. Analisis data
dilakukan setelah pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif.
Kreativitas Person pendidik di kelompok bermain kecamatan memiliki
Person yang terdiri dari 4 macam tipe kecerdasan, beberapa diantaranya memiliki 2
hingga 3 tipe kecerdasan sekaligus, misalnya di Kelompok Bermain Al-Azhar.
Kepala sekolah Al-Ahzar lebih memilih pendidik yang berpengalaman dalam proses
pembelajaran, sebab hal ini menjadi tuntutan bagi pendidik agar dapat berinovasi
dalam menciptakan media ataupun kegiatan pembelajaran yang baru dan tidak
menjenuhkan bagi peserta didik. Process kreativitas pendidik memiliki beberapa
tujuan diantaranya untuk meningkatkan perkembangan sosial peserta didik, misalnya
di Kelompok Bermain Al-Irsyad yang tidak memaksakan pembelajaran namun lebih
kepada mengarahkan. Press atau motivasi bagi kreativitas pendidik memiliki
kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan perkembangan sosial peserta didik,
misalnya di Kelompok Bermain Al-Hujjah dan di Pos PAUD Catlya 141. Kedua
Kelompok Bermain ini sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan dengan
adanya motivasi untuk mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran guna
meningkatkan perkembangan sosial peserta didik. “Kartu emotion” adalah Product
kreativitas di Kelompok Bermain Labschool yang mampu menumbuhkan sikap
sosialisasi diantara peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis kreativitas pendidik di Kelompok Bermain
Sekecamatan Sumbersari Kabupaten Jember memiliki adanya kontribuasi dalam
meningkatkan perkembangan sosial anak. Kontribusi kreativitas Person pendidik
pendidik dapat dilihat dari kepribadian pendidik dalam menghadapi setiap tingkah
laku peserta didik, kontribusi Process kreativitas pendidik dapat dilihat dari berbagai
macam cara yang pendidik berikan guna meningkatkan perkembangan sosial peserta
didik, serta semangat (Press) pendidik dalam mengikuti kegiatan yang meningkatkan
kreativitas pendidik guna menciptakan Product pembelajaran yang sesuai.
Berdasarkan penelitian terdapat beberapa saran diantaranya bagi program studi
Pendidikan Luar Sekolah untuk terus mengembangkan metode serta sarana
pendidikan guna melatih serta mencetak calon pendidik yang lebih kreatif. | en_US |