KONTRIBUSI PESANTREN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BESUKI SITUBONDO TAHUN 2012
Abstract
Pendidikan karakter sebagai suatu proses pendidikan secara holistis yang 
menghubungkan dimensi moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik
sebagai fondasi bagi terbentuknya generasi yan berkualitas yang mampu hidup 
mandiri dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
Pada pendidikan formal pendidikan karakter kurang diperhatikan oleh para pendidik.
Hal itu terjadi karena proses pembelajaran di pendidikan formal cenderung 
mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti sebatas tekstual semata. Semua itu
bisa diperoleh di lembaga pendidikan pesantren, yang menyeimbangkan pengetahuan 
agama dan pengetahuan umum. Pondok pesantren sebagai satuan pendidikan luar
sekolah merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional.  
Tujuan  dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui
bagaimana konstribusi pesantren terhadap pendidikan karakter di Pondok Pesantren 
Miftahul Ulum Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Penentuan tempat
penelitian yang digunakan menggunakan metode purposive sampling yaitu 
menentukan daerah penelitian pada suatu tempat tertentu dengan maksud untuk
mencari lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian.  
 Pelaksanaan penelitian 6 bulan mulai bulan januari sampai dengan bulan juni
tahun 2012. Metode penentuan informan adalah dengan menggunakan metode 
populasi dikarenakan jumlah informan yang terhingga dan dapat dijangkau peneliti. 
Informan kunci dari penelitian ini adalah kyai sepuh pondok pesantren Miftahul
Ulum dan para ustadz maupun ustadzah serta pengurus pondok pesantren, sedangkan  
informan pendukungnya adalah para santri. Metode  pengumpulan data diambil dari
hasil wawancara,  observasi dan studi dokumentasi. Data utama dilakukan melalui 
wawancara dan observasi menggunakan check list, sedangkan data pelengkap
diperoleh dari dokumentasi. Metode pengolahan data observasi dilakukan dengan
cara editing, coding, scoring dan tabulating, sedangkan pengolahan data pada 
wawancara menggunakan triangulasi dengan sumber. 
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pesantren ternyata dapat 
memberikan kontribusi yang besar dalam pendidikan karakter santri karena 
pendidikan yang diberikan dan dilaksanakan oleh keluarga tidak selengkap yang
diberikan oleh pondok pesantren. Sebab di pondok  pesantren memberikan 
pendidikan umum yang berlandaskan agama. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis
pendidikan karakter santri yang rata – rata 75 % karakter santri menyatakan baik.  
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan bagi pondok
pesantren, yaitu diharapkan untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas serta
meningkatkan kerjasama antar pondok pesantren supaya bisa saling berbagi ilmu 
dengan pondok pesantren lain
