Show simple item record

dc.contributor.authorMeidian Fauzi Mubarok
dc.date.accessioned2013-12-04T15:22:14Z
dc.date.available2013-12-04T15:22:14Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM080210201040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4234
dc.description.abstractPondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia khususnya pulau jawa, yang menyelenggarakan proses pendidikan dengan sistem asrama Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Sistem Pembelajaran di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah Jember tahun 2011-2012, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelajaran pondok pesantren Tahfidzhul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun 2011-2012. Kemudian manfaat dari penelitian ini adalah supaya masayarakat banyak mengerti tentang isi di Dalam pesantren pada hakekatnya terutama sistem Pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini tidak bermaksud untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani. Daerah penelitian ini berada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Fanani Universitas Muhammadiyah Jember. Penentuan tempat menggunakan metode purposive Sampling Area. Dengan Informan kunci 3 Ustadz Pondok Pesantren, 10 informan pendukung yang berstatus sebagai Santri Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Unmuh Jember. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara langsung dengan teknik triangulasi atau verifikasi untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Fanani Universitas Muhammadiyah Jember telah mengalami perkembangan, hal ini dapat diketahui dengan pemaduan sistem pendidikan klasik dengan sistem pendidikan modern yang mampu diterima oleh santri. maka saran yang Dapat disampaikan untuk pondok pesantren yaitu, diharapkan untuk selalu mengembangkan pendidikan yang berkarakter dan baik bagi para santri sehingga menghasilkan output yang berkualitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201040;
dc.subjectSistem Pembelajaran, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-fananien_US
dc.titleSISTEM PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-FANANI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record