HUBUNGAN ANTARA METODE BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DENGAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS ASRI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penerapan metode konvensional merupakan metode yang kurang menarik dan
menyenangkan bagi anak-anak sehingga perbendaharaan kosakata anak yang
menggunakan metode konvensional masih sedikit. PAUD Tunas Asri Surabaya ini
beralih menggunakan metode pembelajaran BCCT yang diharapkan dapat lebih
efektif mengembangkan kemapuan bahasa anak khususnya perbendaharaan kosakata
anak usia dini. Oleh karena itu perumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah
hubungan antara metode BCCT dengan perbedaharaan kosakata anak usia dini di
PAUD Tunas Asri Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui adakah hubungan antara hubungan metode BCCT dengan
perbedaharaan kosakata anak usia dini di PAUD Tunas Asri Griya Citra Asri RK
II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 .
Manfaat penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pendidik PAUD, peneliti,
penelitian lain, program studi PLS dan perguruan tinggi.
Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan
menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin
menghubungkan antara dua variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Penentuan
tempat penelitian ini menggunakan metode purposive yang bertempat di Griya Citra
Asri RK II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya. Waktu penelitian
ini selama 6 bulan mulai bulan November sampai April. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh dari observasi oleh peneliti sedangkan untuk data sekundernya diperoleh
dari dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan
korelasi product moment atau Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of
Correlation) dengan alasan jumlah responden lebih dari 30 peserta didik yaitu 50
peserta didik dengan menggunakan teknik populasi/jumlah senua responden dijadikan
objek penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik rumus
korelasi product moment atau Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of
Correlation) nilai r hitung sebesar 0,871. Nilai ini lebih besar daripada r tabelnya.
Untuk N=50 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,279 diketahui bahwa ada
hubungan antara Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan
Perbendaharaan Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Tunas Asri Surabaya Tahun
Pelajaran 2011/2012 atau Hipotesis kerja (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho)
ditolak. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja (Ha) “ Ada hubungan
antara Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan Perbendaharaan
Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Tunas Asri Griya Citra Asri RK II/12 Jl. Nuri
Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 ”, dan
Hipotesis Nol (Ho) “ tidak ada hubungan antara Metode Beyond Centers And Circle
Time (BCCT) dengan Perbendaharaan Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Tunas
Asri Griya Citra Asri RK II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya
Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara
Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan perbendaharaan kosakata
anak usia dini di PAUD Tunas Asri Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini
diperkuat dari hasil analisis data menggunakan metode melalui program Statiscal
Product and Service Solutions (SPSS) seri 16 nilai r hitung sebesar 0,871. Nilai ini
lebih besar daripada r tabelnya yaitu untuk N=50 dengan taraf kepercayaan 95%
sebesar 0,279. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyarankan bahwa bagi
PAUD Tunas Asri diharapkan dapat terus mengembangkan metode BCCT, bagi
Pendidik diharapkan lebih memperhatikan minat dan bakat anak, dan bagi peneliti
selanjutnya diharapkan untuk dijadikan sebagai rujukan mengembangkan penelitian
dengan tema sejenis.