• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA METODE BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DENGAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS ASRI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    IZMI FARDILLAH - 080210201022 (2)_1.pdf (922.5Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    IZMI FARDILLAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan metode konvensional merupakan metode yang kurang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak sehingga perbendaharaan kosakata anak yang menggunakan metode konvensional masih sedikit. PAUD Tunas Asri Surabaya ini beralih menggunakan metode pembelajaran BCCT yang diharapkan dapat lebih efektif mengembangkan kemapuan bahasa anak khususnya perbendaharaan kosakata anak usia dini. Oleh karena itu perumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan antara metode BCCT dengan perbedaharaan kosakata anak usia dini di PAUD Tunas Asri Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara hubungan metode BCCT dengan perbedaharaan kosakata anak usia dini di PAUD Tunas Asri Griya Citra Asri RK II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 . Manfaat penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pendidik PAUD, peneliti, penelitian lain, program studi PLS dan perguruan tinggi. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara dua variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive yang bertempat di Griya Citra Asri RK II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya. Waktu penelitian ini selama 6 bulan mulai bulan November sampai April. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari observasi oleh peneliti sedangkan untuk data sekundernya diperoleh dari dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment atau Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of Correlation) dengan alasan jumlah responden lebih dari 30 peserta didik yaitu 50 peserta didik dengan menggunakan teknik populasi/jumlah senua responden dijadikan objek penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik rumus korelasi product moment atau Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of Correlation) nilai r hitung sebesar 0,871. Nilai ini lebih besar daripada r tabelnya. Untuk N=50 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,279 diketahui bahwa ada hubungan antara Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan Perbendaharaan Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Tunas Asri Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 atau Hipotesis kerja (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Hipotesis Kerja (Ha) “ Ada hubungan antara Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan Perbendaharaan Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Tunas Asri Griya Citra Asri RK II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012 ”, dan Hipotesis Nol (Ho) “ tidak ada hubungan antara Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan Perbendaharaan Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Tunas Asri Griya Citra Asri RK II/12 Jl. Nuri Raya Kel. Sememi Kec. Benowo Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012”. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara Metode Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dengan perbendaharaan kosakata anak usia dini di PAUD Tunas Asri Surabaya Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini diperkuat dari hasil analisis data menggunakan metode melalui program Statiscal Product and Service Solutions (SPSS) seri 16 nilai r hitung sebesar 0,871. Nilai ini lebih besar daripada r tabelnya yaitu untuk N=50 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,279. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyarankan bahwa bagi PAUD Tunas Asri diharapkan dapat terus mengembangkan metode BCCT, bagi Pendidik diharapkan lebih memperhatikan minat dan bakat anak, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dijadikan sebagai rujukan mengembangkan penelitian dengan tema sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4232
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository