Show simple item record

dc.contributor.authorHENDRA VERY HANDOYO
dc.date.accessioned2013-12-04T15:03:22Z
dc.date.available2013-12-04T15:03:22Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM070210201103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4229
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor penting dalam peningkatan sumber daya manusia di Indonesia. Dalam dunia pendidikan mempunyai ciri khas tersendiri untuk menyampaikan ilmu dan informasi kepada warga belajarnya, oleh karena itu dibutuhkan beberapa hal untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satunya adalah fasilitas belajar, fasilitas belajar yang memadai dapat mempermudah proses penyampaian pesan pembelajaran kepada warga belajar. Penelitian ini diawali dengan suatu permasalahan, yaitu adakah dampak fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Adapun tujuan penelitian yang ingin diperoleh adalah untuk mengetahui adanya dampak fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti; perguruan tinggi; PKBM desa Banjarwaru; dan bagi Pendidikan Luar Sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menekankan pada perhitungan angka-angka statistika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2012 sampai dengan bulan Juni 2012 yang bertempat di PKBM Cahaya Kurnia Bangsa Desa Banjarwaru Kabupaten Lumajang. Penentuan responden dilakukan dengan tekhnik purpusive sampling dengan kriteria tertentu. Data penelitian ini diperoleh dari responden yang berjumlah 15 orang warga belajar kejar paket C yang diambil dari 51 warga belajar, melalui metode angket; observasi; serta dokumentasi. Sedangkan desain penelitian, variabel bebasnya adalah variabel fasilitas belajar dan variabel tergantungnya adalah hasil belajar. Sumber data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer berupa angket dan observasi, kemudian data sekunder berupa dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan skala pengukuran rating scale, uji validitas dan uji hipotesisnya menggunakan aplikasi komputer yakni program SPSS v 16.0 dengan kriteria lebih besar dari r tabel dari N=15 yaitu sebesar 0,544. Data penelitian ini diolah menggunakan analisis statistik korelasi tata jenjang. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa r kerja lebih besar dari pada r tabel, untuk N=15 dan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,544. Nilai r kerja yang dihasilkan sebesar 0,6843, pada tabel korelasi terletak antara nilai ≥ 0,40 - < 0,70 dengan tingkat hubungan sedang atau cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada dampak fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada program kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa desa Banjarwaru Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012, dengan tingkat hubungan cukup. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, dipandang perlu disampaikan saran bagi PKBM Cahaya Kurnia Bangsa, peningkatan fasilitas belajar hendaknya mengacu kepada kemajuan perkembangan IPTEK dan kondisi warga belajarnya, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih optimal dan sesuai dengan tuntutan pendidikan dimasa mendatang. Bagi peneliti lain diharapkan lebih meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang pentingnya fasilitas belajar, sehingga penelitian yang di lakukan dapat berjalan lebih maksimal. Kemudian bagi pemerintah sendiri perlu adanya peningkatan bantuan bagi program-program pendidikan, tidak hanya dari sektor formal saja namun juga mencakup sektor non formal, sehingga kebutuhan belajar masyarakat akan pendidikan non formal dapat diakses dengan mudah dan hasil belajar yang dicapai dapat lebih optimal lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201103;
dc.subjectFasilitas Belajar, Hasil Belajar, rogram Kejar Paket Cen_US
dc.titleDAMPAK FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT CAHAYA KURNIA BANGSA DESA BANJARWARU KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record