Show simple item record

dc.contributor.authorBayu Endah Lestari
dc.date.accessioned2013-12-04T11:33:02Z
dc.date.available2013-12-04T11:33:02Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4194
dc.description.abstractMembaca merupakan keterampilan yang sangat penting yang harus dimiliki oleh anak. Tanpa memiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini, anak akan mengalami kesulitan belajar di kemudian hari. Dengan membaca, anak akan memperoleh pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan daya nalar, sosial, dan emosionalnya. Mengingat pentingnya membaca tersebut sangat bertolak belakang dengan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan bahwa KEM siswa kelas VI SDN 3 Singotrunan Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 rata-rata hanya mencapai 47.56 kpm. Untuk mengatasi rendahnya KEM siswa, maka diberikan solusi dengan menerapkan teknik trifokus Steve Synder. Kelebihan dari teknik ini adalah dari cara penerapannya yang sederhana dan praktis. Teknik ini disebut tri fokus karena mengajarkan pada siswa untuk mengembangkan pelatihan peripheral siswa dengan latihanب “triب fokus”.ب Sehinggaب rumusan masalah yang didapat yaitu bagaimanakah proses penerapan teknik trifokus Steve Synder untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca dan bagaimanakah peningkatan kecepatan efektif membaca siswa kelas IV SDN 3 Singotrunan Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya teknik trifokus Steve Synder. Berdasarkan rumusan masalah diatas didapatkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses penerapan teknik trifokus Steve Synder untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca dan untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca siswa kelas IV SDN 3 Singotrunan Banyuwangi tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkannya teknik trifokus Steve Synder. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN 3 Singotrunan Banyuwangi, dimulai pada 22 September 2012 untuk tahap observasi dan pada 7-11 Februari 2013 untuk tahap penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 16 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan PTK. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada proses penerapannya kendala yang terjadi pada siklus I, yaitu (1) ada siswa yang ramai ketika KBM sedang berlangsung, (2) ada siswa yang kesulitan menghitung KEM, (3) ada siswa yang merasa pusing melihat simbol trifokus, dan (4) masih ada siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca. Solusi yang dilakukan pada siklus II yaitu, (1) memperkecil kelompok, (2) membagi kelompok sesuai dengan kemampuan individu siswa, (3) melakukan variasi dalam latihan trifokus, dan (4) menambah jumlah latihan trifokus. Hasilnya KEM siswa meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata mencapai 51.89 kpm pada tahap latihan dan 63.16 kpm pada tahap tes akhir. Pada siklus II kecepatan efektif membaca siswa rata-rata mencapai 99.43 kpm pada tahap latihan 1, 101.73 kpm pada tahap latihan 2, dan 126.32 kpm pada tahap tes akhir. Hasilnya pada siklus I kecepatan efektif membaca siswa Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya mengukur kecepatan efektif membaca siswa secara berkala agar perkembangan KEM siswa dapat terpantau, selain itu hendaknya guru juga mengembangkan teknik-teknik pembelajaran lainnya agar kecepatan efektif membaca siswa dapat berkembang dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204016;
dc.subjectKECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) DENGAN TEKNIK TRIFOKUS STEVE SYNDERen_US
dc.titlePENINGKATAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) DENGAN TEKNIK TRIFOKUS STEVE SYNDER SISWA KELAS IV SDN 3 SINGOTRUNAN KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record