Show simple item record

dc.contributor.authorArinda Ayu Safitri
dc.date.accessioned2013-12-04T11:25:53Z
dc.date.available2013-12-04T11:25:53Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4190
dc.description.abstractMata pelajaran PKn adalah pembelajaran yang berlandaskan pada nilai, moral, dan norma. Mata pelajaran PKn memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan jati diri anak bangsa, namun antusiasme siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 terhadap mata pelajaran PKn sangat rendah dan hal tersebut berimbas pada hasil belajar yang diperoleh. Faktor yang mempengaruhi rendahnya antusiame dan hasil belajar siswa adalah gaya mengajar guru yang monoton, guru hanya memberikan penjelasan dan jarang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa cenderung malas dan pasif ketika pembelajaran PKN. Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan suatu gaya mengajar yang berbeda yang lebih menarik bagi siswa agar siswa bisa terlibat secara aktif dalam pembelajran. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe time token. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 mata pelajaran Pkn materi kebebaan berorganisasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini dilakukan di SDN Rambipuji 02 Kabupaten Jember, diikuti oleh semua siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 yang berjumlah 38 siswa, terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe time token, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas VA SDN Rambipuji 02. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil observasi awal terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 adalah sebanyak 55,26% siswa dinyatakan tidak tuntas atau mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Rambipuji 02 mata pelajaran PKn materi kebebsan berorganisasi berjalan dengan baik. Aktivitas siswa pada tiap indikator selalu menunjukkan peningkatan selama pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan adanya peningkatan yang sigifikan. Peningkatan ini dapat diketahui dari perbandingan hasil nilai post tes siswa antara nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 44,74%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 73,7%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 32 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 84,2%. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru, sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat, model pembelajaran kooperatif tipe time token bisa dijadikan salah satu alternatifnya, dan 2) bagi siswa, sebaiknya terus melatih keberanian mengungkapkan pendapatnya agar bisa ikut terlibat aktif dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204063;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA SDN RAMBIPUJI 02 MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBEBASAN BERORGANISASIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record