Show simple item record

dc.contributor.authorAra Akhdina
dc.date.accessioned2013-12-04T11:22:32Z
dc.date.available2013-12-04T11:22:32Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4188
dc.description.abstractTujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, baik lisan (menyimak dan berbicara) maupun tulisan (menulis dan membaca).Membaca merupakan memahami isi dari bacaan, sehingga pemahaman merupakan faktor yang sangat penting dalam keterampilan membaca.Kenyataan di lapangan kegiatan membaca kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut terlihat dengan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember yang masih rendah, sebanyak 24 siswa dari 41 siswa atau sebesar 58,54% belum dapat memahami bacaan, menentukan kalimat utama dan ide pokok paragraf. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar membaca pemahaman siswa karena kegiatan membaca yang kurang diminati oleh siswa.Selain itu, metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diadakan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan serta memperbaiki proses dan hasil pembelajaran di kelas. Teknikscramble susun paragraf adalah salah satu alternatif pembelajaran dengan cara menyusun paragraf-paragraf yang telah diacak sebelumnya menjadi paragraf yang padu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa setelah digunakan teknik scramble susun paragraf pada siswa kelas IV SDN Badean 1 Jember tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik scramble susun paragraf yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa setelah digunakan teknik scramble susun paragraf pada siswa kelas IV SDN Badean 1 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Penerapan teknik scramble susun paragraf dilakukan dengan memberikan potongan-potongan paragraf yang acak, setelah itu siswa diminta untuk menyusun potongan-potongan paragraf tersebut hingga menjadi paragraf yang padu. Siswa lalu menentukan kalimat utama serta ide pokok tiap paragrafnya. Adapun peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa setelah digunakan teknikscramble susun paragraf siswa kelas IV SDN Badean 01 tahunpelajaran 2012/2013 adalah sebagai berikut,hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 65) sebanyak 22 siswa atau 53,66% dari total 41 siswa. Sebanyak 19 siswa atau sebesar 46,34% (nilai ≤ 65) dari total 41 siswa belum mencapai ketuntasan nilai. Hasil tes siklus II siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 65) sebanyak 33 siswa atau 80,49%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan teknik scramble susun paragraf pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Badean 01 tahun pelajaran 2012/2013 terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Badean 01 Jember. Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 53,66% atau 22 siswa yang mengalami ketuntasan belajar, sementara pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 80,49% atau 33 siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Oleh karena itu teknik scramble susun paragraf dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Saran dari penelitian ini adalah teknik scramble susun paragraf dapat dijadikan sebagai alternatif atau variasi pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca pemahaman di Sekolah Dasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204083;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SCRAMBLE SUSUN PARAGRAFen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SCRAMBLE SUSUN PARAGRAF SISWA KELAS IV SDN BADEAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record