Show simple item record

dc.contributor.authorAnggara Windiarto
dc.date.accessioned2013-12-04T11:08:54Z
dc.date.available2013-12-04T11:08:54Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210204095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4180
dc.description.abstractBerdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah mempunyai peranan penting baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah terutama pada aspek berbicara. Pembelajaran pada aspek berbicara diantaranya bermanfaat untuk melatih keterampilan siswa dalam berbicara. Rendahnya nilai hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek berbicara kelas IIB SDN Ajung 01 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang bervariasi dan bersifat klasikal, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan strategi pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yan g akan diajarkan. Untuk itu pada pembelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara/bercerita di kelas 2 perlu adanya media demi membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Media audio visual merupakan salah satu alternatif media untuk melatih keterampilan bercerita, karena media audio visual adalah media yang sangat menyenangkan dan menarik perhatian siswa untuk termotivasi belajar sehingga menigkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) 2012/2013?; dan 2) cerita anak setelah diterapkan media audio visual pada siswa kelas IIB SDN Ajung 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013?. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan penelitian ini bertujuan untuk: 1) siswa kelas IIB SDN Ajung 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013; dan 2) Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Ajung 01 Jember, dimulai pada tanggal 12 April 2013 sampai tanggal 20 April 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIB dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 24 lakilaki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Proses penerapan media audio visual dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak diawali dengan praktisi menjelaskan langkah-langkah pembelajaran. Siswa diminta untuk menyimak video cerita anak. Praktisi memberikan contoh cara bercerita yang baik dan benar. Post test dilakukan dengan meminta siswa untuk menceritakan kembali cerita anak di depan kelas dengan menggunakan katakata sendiri. Hasil dari analisis hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas IIB SDN Ajung 01 Jember yaitu pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 63 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 66 sebanyak 21 siswa dengan persentase 58%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 68 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 66 sebanyak 26 siswa dengan persentase 72 %. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 78 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 66 sebanyak 30 siswa dengan persentase 83 %. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 72% menjadi 83%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204095;
dc.subjectCERITA ANAK MELALUI MEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IIB SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record