dc.description.abstract | Keterampilan menulis terutama menulis puisimerupakan salah satu
keterampilan yang perlu dikembangkan pada setiap peserta didik pada tingkatan
sekolah dasar. Hal ini dikarenakan melalui kemampuan menulis yang dimilikinya,
siswa diharapakan dapat menyerap berbagai pengetahuan yang sebagian besar
disampaikan melalui tulisan. Kenyataannya, masih banyak dijumpai siswa yang
kesulitan dalam melaksanakan kegiatan menulis terutama dalam hal menulis puisi
karena ketertarikan siswa dalam membuat puisi kurang disebabkan kurangnya
penguasaan kosakata yang dimiliki siswa. Salah satu penyebab dari munculnya
permasalahan di atas adalah karena kurang bervariasinya metode pembelajaran
yang digunakan oleh guru serta kurangnya keterlibatan siswa secara langsung
dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dibutuhkan suatu metode
pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu metode
Picture and Picture.Picture and Picture merupakan metode pembelajaran yang
menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis ,
sehingga diharapkan dalam pembelajran menulis puisi dengan menggunakan
metode Picture and Picture ini kemampuan menulis puisi siswa menjadi
meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)
kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 Jember.
Kedua, untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis puisi siswa kelas V SD
Negeri Pancakarya 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 setelah diterapkan
metode Picture and Picture.
Jenis penelitian ini adalah penelit ian tindakan kelas
Hasil pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode Picture and
Picture ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas dua pert emuan dan
siklus 2 terdiri atassatu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis
puisi siswa, hal ini dapat terlihat dari siswa telah mampu menulis judul, menyusun
kata, mengembangkan kata menjadi kalimat, menata kali mat menjadi puisi
dengan memperhatikan kesesuaian isi dengan judul, dan keruntutan isi puisi
dengan judul. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat
dilihat dari perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57,90% mengalami
peningkatan sebesar 15,79% menjadi 73,69% pada siklus 2.
Kesimpulan dari penelitian adalah penerapaan metode Picture and Picture
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar menulis
puisi siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 Jember. Saran dari penelitian ini
kepada guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa,
bagi sekolah sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan cara
menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan bagi peneliti lain
adalah apabila akan menggunakan metode Picture and Picture hendaknya
mempersiapkan segalanya dengan matang agar dapat diperoleh hasil yang
maksimal. | en_US |