dc.description.abstract | Rendahnya kualitas pengajaran guru di dalam kelas terhadap materi
biologi yang berdampak pada menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia.
Orientasi siswa yang cenderung mengahafal materi biologi membuat kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa sangat rendah. Disamping itu, tuntutan kurikulum
2013 yang lebih menekankan pada proses berpikir siswa dibandingkan hasil yang
diperoleh siswa setelah menerima materi menuntut guru untuk menggunakan
suatu model atau metode yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa.
Pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran
merupakan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
berpikir siswa dengan cara memberikan suatu permasalahan terbuka dimana
terdapat banyak penyelesaian yang mungkin. Selain itu, penambahan metode
bermain peran dalam pendekatan Open ended dapat meningkatkan minat siswa
dan membuat siswa tidak jenuh terhadap materi yang sedang dipelajari. Oleh
karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh dari pendekatan
pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran yang dilakukan
pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen pada pertemuan
pertama dan kedua dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open Ended
dengan metode bermain peran; (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
Semester
pendekatan pembelajaran Open Ended dengan metode bermain peran terhadap
hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember pada kelas VII C
(kelas eksperimen) dan VII D (kelas kontrol) tahun ajaran 2012/2013. Penelitian
ini menggunakan teknik quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, tes, dan wawancara semi formal. Untuk peningkatan
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa data yang diperoleh dianalisis dengan uji
Paired Sample t-Test dan hasil belajar siswa data yang diperoleh dianalisis dengan
analisis kovarian (ANAKOVA).
Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 24 Mei sampai dengan 3 Juni 2013.
Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, tes individu, dan penilaian
afektif siswa berupa lembar observasi. Perbedaan kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa kelas eksperimen antara pertemuan pertama dan kedua terlihat dari
hasil analisis t-Test yang menunjukkan tugas pertama dan tugas kedua siswa
diketahui memiliki signifikasi 0,000 atau probabilitas < 0,05 yang berarti terdapat
perbedaan signifikan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa antara
pertemuan pertama dan pertemuan kedua dimana terjadi peningkatan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa pada pertemuan kedua. Pengaruh pendekatan
pembelajaran Open ended (OE) dengan metode bermain peran terhadap hasil
kognitif siswa pada kelas eksperimen dihasilkan rata-rata sebesar 72,64 dari 30,29
lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 50,35 dari 29,45.
Dari hasil analisis diperoleh signifikasi sebesar 0,000 < 0,005 yang menunjukkan
terdapat pengaruh signifikan pendekatan pembelajaran Open ended (OE) dengan
metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran Open
ended (OE) dengan metode bermain peran di SMP Negeri 11 Jember berpengaruh
positif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil
belajar siswa. | en_US |