ANALISIS KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN DI INSTALASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RS PARU JEMBER BERDASARKAN PENILAIAN PASIEN TERHADAP UNSUR INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2011
Abstract
Ukuran keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik ditentukan oleh
tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan penerima pelayanan dicapai apabila
penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan
diharapkan. Dalam penelitian ini kepuasan pasien diukur berdasarkan
Kep/25/M.Pan/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan Indeks Kepuasan
Masyarakat (IKM). Variabel penyusunan indeks kepuasan masyarakat pada
penelitian ini terdiri atas unsur prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan
petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas
pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan
mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kenyamanan
lingkungan, kenyamanan lingkungan, dan keamanan pelayanan.
Tujuan penelitian adalah Menganalisis tingkat kepuasan pasien pada
pelayanan loket pendaftaran di instalasi sistem informasi manajemen berdasarkan
penilaian pasien terhadap unsur indeks kepuasan masyarakat RS Paru Jember tahun
2011. Penelitian ini merupakan penelitian observational analitik yaitu menganalisis
tingkat kepuasan pasien berdasarkan indeks kepuasan pasien pada pelayanan loket
pendaftaran berdasarkan pengamatan subyek penelitian dan mencari data yang
berkaitan dengan penelitian tanpa memberi perlakuan terhadap subyek penelitian.
Sampel atau responden dalam penelitian adalah pasien umum pada pelayanan
loket pendaftaran yang berada di lokasi unit pelayanan pada saat penelitian
berlangsung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling
sistematis (sampling di mana pemilihan elemen yang pertama secara acak dipilih dari
k yang pertama, kemudian pemilihan elemen lain selalu berjarak k). Alat yang
digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitasnya dan data hasil penelitian
disajikan dalam bentuk tabulasi.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil pada karakteristik pengguna
pelayanan loket pendaftaran pada Tahun 2011 yaitu usia tertinggi 18-<40 th, jenis
kelamin tertinggi yaitu jenis kelamin laki-laki, jenis pendidikan terbanyak yaitu
Tamat SMA dan Perguruan Tinggi, dan Jenis Pekerjaan sebagai wiraswasta dan
usahawan. Unsur pelayanan dengan nilai tertinggi adalah unsur tanggung jawab
petugas, kepastian jadwal dan kenyamanan lingkungan. Sedangkan unsur nilai
terendah pada unsur kejelasan informasi. Nilai rata-rata tertimbang unsur IKM
keseluruhan mendapatkan nilai setelah dikonversi yaitu 72 yang berarti kinerja unit
pelayanan loket pendaftaran mauk dalam kategori B dan dinyatakan baik.
Sebaiknya pihak Rumah Sakit membuatkan papan nama petugas yang
diletakkan pada meja pendaftaran serta menyediakan bagan alir pelayanan pasien
yang sesuai dengan peraturan Kep/26/M.Pan/2/2004.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]