dc.description.abstract | Mencapai keberhasilan belajar sangat bergantung pada kemampuan dan
kejelian pendidik/guru dalam memilih sumber-sumber belajar yang ada di
lingkungannya sehingga tepat dijadikan sebagai bahan ajar untuk keperluan tujuan
belajar tertentu. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi
yang disusun secara sistematis yang digunakan untuk membantu guru/instruktur
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar.
Berdasarkan hasil angket, disimpulkan bahwa siswa masih cukup banyak merasa
kurang senang dalam pembelajaran sistem regulasi manusia dan kurang memahami
materi tersebut. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan bahan ajar biologi
berorientasi pendekatan quantum learning pada pokok bahasan sistem regulasi
manusia. Adapun dengan pendekatan quantum learning sebagai format di dalam
bahan ajar yang disusun dapat membiasakan siswa belajar nyaman dan
menyenangkan. Selain itu, melalui quantum learning siswa akan diajak belajar
dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan sehingga siswa akan lebih
bebas menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan bahan ajar biologi
berorientasi pendekatan quantum learning pada pokok bahasan sistem regulasi
manusia kelas XI SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan bahan
ajar yang dilakukan menggunakan model 4-D. Tahap pertama adalah define, yakni
menetapkan deskripsi pembelajaran dengan menganalisis kendala yang dihadapi.
ix
viii
Tahap kedua adalah design, yakni melakukan perancangan bahan ajar yang akan
dikembangkan. Tahap ketiga adalah develop, yakni mengembangkan draf bahan ajar
yang sudah direvisi berdasarkan masukan para validator. Data hasil penelitian
diperoleh dari hasil validasi para validator ahli dan validator pengguna serta data
respon siswa. Validator ahli terdiri atas tiga dosen pendidikan biologi dan tiga guru
SMA di Kabupaten Jember. Selain itu, responden uji coba terbatas adalah siswa
kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan lembar validasi.
Data yang didapatkan adalah hasil validasi dari validator, hasil uji keterbacaan dan
tingkat kesulitan, dan hasil respon siswa terhadap buku yang disusun.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa buku siswa biologi diperoleh
hasil dengan kriteria kevalidan buku siswa yang sangat valid sebagai bahan ajar
sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Adapun hasil validator ahli
diperoleh nilai rata-rata 84,2% dari keseluruhan aspek yang dinilai dan validator
pengguna diperoleh nilai rata-rata 86,8%. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan juga
telah diperoleh hasil keterbacaan dan kesulitan dengan nilai rata-rata 86,3% siswa
menyatakan mudah dibaca, serta 13,7% siswa menyatakan sulit dibaca. Ada pula
hasil respon siswa terhadap buku siswa diperoleh nilai rata-rata 79,3% merespon
positif dan 20,7% merespon negatif.
Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan bahan ajar biologi
berorientasi pendekatan quantum learning pada pokok bahasan sistem regulasi
manusia kelas XI SMA diperoleh buku siswa yang sudah dinyatakan sangat valid
sehingga dapat digunakan sebagai pelengkap buku paket biologi dalam melaksanakan
pembelajaran biologi. | en_US |